Studi BCG Sebut Cloud Jadi Kunci Sukses Transformasi Digital

loading...
Studi BCG Sebut Cloud Jadi Kunci Sukses Transformasi Digital
Alain Schneuwly, ASEAN Platinion Managing Director APAC Cyber & Engineering Lead Boston Consulting Group (BCG). Foto/Ist
JAKARTA - Cloud makin berperan penting dalam mendukung keberhasilan transformasi digital di berbagai industri. Dari studi yang digelar oleh Boston Consulting Group (BCG) dan Amazon Web Services (AWS), teknologi cloud mampu memberikan banyak manfaat bagi organisasi yang telah mengadopsinya. (Baca juga: AWS Happy Kalau Lihat Bisnis Startup Berjalan Mulus )

Pemaparan Alain Schneuwly, ASEAN Platinion Managing Director APAC Cyber & Engineering Lead Boston Consulting Group (BCG), tentang manfaat dan tantangan adopsi cloud di Indonesia menunjukkan, teknologi cloud perusahaan mampu menghemat biaya teknologi informasi (TI) hingga 15-40%, produktivitas dapat meningkat 25-50% berkat teknologi digitalisasi dan otomasi, serta kecepatan untuk berinovasi menjadi makin tinggi, dan 30-60% lebih cepat untuk time-to-market.

Responden yang merupakan pelanggan AWS dari industri Teknologi, Media dan Telekomunikasi, Consumer Products, Institusi Keuangan, Industrial Goods dan Principal Investors & Private Equity, menyampaikan keuntungan yang mereka peroleh dari penggunaan teknologi cloud, antara lain sebagai berikut:

1. Bisnis Jadi Kian Gesit
44% perusahaan di Indonesia yang menjadi pelanggan AWS menginformasikan bahwa bisnis mereka menjadi makin gesit berkat penggunaan cloud. Begitu pun dengan Time-to-Market, menjadi makin cepat. Peningkatannya berkisar 20% hingga 50%. Bahkan, 28% perusahaan menyatakan mampu meningkat lebih dari 75%.



Melalui cloud, peluncuran layanan dan produk-produk bisnis baru dapat dilakukan secara lebih cepat. Responden dengan posisi CTO dari sebuah perusahaan dengan bisnis berbasis digital mengatakan kecepatan dalam meluncurkan produk dan layanan, serta kemampuan yang cepat dalam merespon dinamika pasar telah menjadi salah satu kunci kesuksesan bisnis perusahaannya.

2. Perusahaan Makin Produktif
46,2% responden menyatakan pendayagunaan cloud telah mendorong terjadinya peningkatan produktivitas sebesar 41%-60%. Sementara 23,1% lainnya menyatakan penggunaan cloud telah meningkatkan produktivitas sebesar 20% hingga 40%. Yang menarik, ada 11,5% yang menyatakan peningkatan produktivitas mencapai lebih dari 60%.

Responden dari perusahaan belanja sembako daring mengatakan, dengan AWS Cloud, perusahaannya tidak perlu menambah lagi jumlah engineer. Engineer dapat fokus pada pengembangan fitur-fitur baru, dan tidak perlu pusing-pusing lagi memikirkan masalah infrastruktur.



3. Jawab Isu Downtime dan Skalabilitas
Salah satu responden yang merupakan Head of Application Development sebuah perusahaan layanan reservasi penerbangan dan hotel, mengatakan, mereka harus selalu siap 24 x 7 guna memenuhi kebutuhan para pelanggan.
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR ANDA
Top