Konten Hoaks Paling Banyak Ditemukan di Facebook

loading...
Konten Hoaks Paling Banyak Ditemukan di Facebook
Pengguna Facebook patut waspada karena konten hoaks paling banyak ditemukan di sosial media Facebook. Foto / IST
JAKARTA - Katadata Insight Center bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika merilis hasil Survei Literasi Digital Nasional 2020. Salah satu temuan dalam survei ini adalah konten yang mengandung hoakspaling banyak ditemukan di Facebook. Bahkan angkanya mencapai 71,9 persen. (Baca juga : Mau Ikut Seru-seruan di Medsos, Begini Cara Gunakan Fitur Fleets Twitter )

Peringkat kedua di tempati oleh WhatsApp sebanyak 31,5 persen dari responden yang menemukan isu hoaks. Lalu diikuti YouTube dengan angka 14,9 persen. Sementara, konten yang paling banyak ditemukan mengandung isu hoaks adalah soal politik sebesar 67,2 persen. Kemudian isu soal kesehatan dan agama yang masing-masing mendapat persentase 46,3 persen dan 33,2 persen.

Survei itu juga menemukan bahwa keluarga dan tokoh agama merupakan sumber informasi yang paling banyak dipercaya masyarakat Indonesia.

Temuan di lapangan, para responden menaruh kepercayaan tertinggi untuk informasi yang bersumber dari tokoh agama. Angkanya mencapai 50,6 persen yang menajwab percaya terhadap tokoh agama. Dan diurutan kedua sebanyak 49,3 persen responden menjawab percaya pada keluarga dan saudara. (Baca juga : Emoh Nyensor, Vietnam Ancam Tutup Paksa Operasional Facebook )



"Ternyata paling banyak dari tokoh agama yang paling dipercaya melebihi keluarga dan saudara yang kedua baru keluarga dan saudara," kata Direktur Katadata Insight Center Mulya Amri saat pemaparan hasil survei, Jumat (20/11/2020)
(wsb)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top