Huawei Mate 40 Bikin Anda Penasaran? Semoga Tulisan Ini Bisa Jadi Jawabannya

Minggu, 04 Oktober 2020 - 02:13 WIB
loading...
Huawei Mate 40 Bikin Anda Penasaran? Semoga Tulisan Ini Bisa Jadi Jawabannya
Untuk tahun 2020, keluarga Mate baru akan diresmikan di bulan Oktober ini. Handphone unggulan ini disebut hadir dalam tiga varian. Foto/Ist
A A A
SHENZHEN - Akibat sanksi AS , kedatangan Huawei Mate 40 Series tertunda. Biasanya handphone unggulan seri Mate mereka datang pada bulan September seperti tahun-tahun sebelumnya. (Baca juga: AS Serius Eksplorasi Bulan, Ini Gambar 3D Kompleks Perumahannya )

Tapi untuk tahun 2020, keluarga Mate baru akan diresmikan di bulan Oktober ini. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak bocoran dan berita resmi tentang lini smartphone tersebut.

Dari bocoran yang ada dari berbagai sumber, SINDOnews coba membuat ringkasannya untuk Anda.

Tiga Model Huawei Mate 40
Menurut kabar sebelumnya, seri Huawei Mate 40 akan memiliki tiga versi seperti seri Huawei P40, yaitu Mate 40, Mate 40 Pro, dan Mate 40 Pro + (Plus). Dan berbeda dengan layar lengkung sebelumnya yang hanya ada di versi Pro, kali ini seri Mate 40 akan meninggalkan layar lurus sama sekali.
Huawei Mate 40 Bikin Anda Penasaran? Semoga Tulisan Ini Bisa Jadi Jawabannya

Sehingga, keseluruhan lini ponsel akan mengadopsi desain layar lengkung. Tetapi masing-masing akan memiliki kelengkungan yang berbeda. Diantaranya, Mate 40 akan mengadopsi desain layar melengkung dengan ukuran layar 6,67 inci dan refresh rate 90Hz.

Mate 40 Pro menggunakan 'layar air terjun' dengan kelengkungan yang lebih besar. Pada saat yang sama, tombol daya yang terputus pada seri Mate 30 akan kembali. Desain sebelumnya tanpa volume fisik adalah upaya yang sangat bagus. Namun dalam hal pengalaman aktual, tombol fisik lebih nyaman.

Tidak ada berita yang pasti tentang ukuran layar spesifiknya. Namun dari cover yang bocor sebelumnya, publik seluler bisa melihat bahwa Huawei Mate 40 Pro akan sedikit lebih panjang dari Mate 40.

Diperkirakan ponsel ini akan berukuran sekitar 6,8 inci. Dalam hal kecepatan refresh, sebelumnya dilaporkan 90Hz. Tetapi kami juga telah mendengar bahwa unit bakal mendukung kecepatan refresh 120Hz.

Desain depan Mate 40 Pro + harus konsisten dengan versi Pro. Perbedaan utamanya terletak pada konfigurasi kamera.

Dapur Kamera
Seri Huawei Mate 40 juga akan meninggalkan desain takik generasi sebelumnya dan beralih ke layar berlubang. Mate 40 memiliki kamera tunggal depan, sedangkan dua lainnya memiliki dua kamera.
Huawei Mate 40 Bikin Anda Penasaran? Semoga Tulisan Ini Bisa Jadi Jawabannya

Bentuknya seperti 'kapsul'. Perlu dicatat bahwa dari rendering yang bocor, 'kapsul' Mate 40 Pro akan sedikit lebih panjang daripada banyak ponsel lainnya. Ini mirip desain pada P40 Pro sebelumnya. Huawei juga akan menempatkan sensor proximity light dan ambient light di area 'kapsul' tersebut.

Selain ketiga tipe model tersebut, Huawei akan menghadirkan versi desain Porsche terbaru. Ini diharapkan dapat memasukkan elemen desain mobil sport dengan konfigurasi dasar atas.

Modul Tiga-Kamera, Quad, dan Penta-Kamera
Fotografi adalah salah satu fitur yang paling dinantikan dari setiap generasi produk andalan Huawei. Tentu saja, Huawei Mate 40 diyakini tidak akan mengecewakan siapapun.
Huawei Mate 40 Bikin Anda Penasaran? Semoga Tulisan Ini Bisa Jadi Jawabannya

Huawei Mate 40 hadir dengan tiga sensor kamera. Rinciannya, lensa utama 50 MP, lensa sudut ultra lebar 20 MP, dan lensa telefoto 8 MP. Kamera utama 50 MP memiliki IMX700 yang sama dengan seri Huawei P40. Ukuran sensornya mencapai 1/1,28 inci, piksel unit mencapai 1,22nm, dan menggunakan array RYYB untuk lebih meningkatkan sensitivitas.

Huawei Mate 40 Pro dipercaya menggunakan quad-camera. Konfigurasinya akan terdiri dari kamera utama 50 MP, lensa sudut ultra lebar 80 MP, lensa telefoto periskop, dan lensa ToF. Yang paling penting dari ini adalah lensa sudut ultra lebar 80 MP. Teknologi menggantikan lensa video 40 MP sebelumnya. Namun akan terus memperkuat Huawei Mate 40 Pro dalam pengambilan video.

Sementara Mate 40 Pro + (Plus) menambahkan lensa lain ke sistem kamera Mate 40 Pro. Laman Giz China menilai itu kemungkinan adalah lensa telefoto. Ini harus ditambahkan untuk mencapai pengalaman pemotretan zoom yang lebih baik.

Perangkat Keras dan Pengisian Baterai
Dari segi konfigurasi inti, seri Huawei Mate 40 hadir dengan prosesor Kirin 9000. Tidak banyak berita tentang prosesor ini.
Huawei Mate 40 Bikin Anda Penasaran? Semoga Tulisan Ini Bisa Jadi Jawabannya

Prosesor tersebut masih sangat misterius. Kita hanya tahu bahwa "otak" ini menggunakan teknologi proses 5nm dan berbeda dengan chip bionik Apple A14. SoC mengintegrasikan baseband 5G pada chip dan merupakan SoC 5G 5nm pertama di industri, yang akan memiliki kapabilitas 5G yang lebih kuat, kapabilitas pemrosesan AI, serta NPU dan GPU yang lebih bertenaga.

Tetapi beberapa sumber mengatakan seri Kirin 9000 akan memiliki dua versi, Kirin 9000 dan Kirin 9000E. Kirin 9000E adalah versi frekuensi yang dikurangi. Jadi kinerjanya akan sedikit lebih rendah. Namun, karena larangan AS, TSMC tidak lagi dapat memasok Huawei mulai 14 September. Akhirnya jumlah chip Kirin 9000 akan relatif terbatas dan pasti berdampak pada penjualan produk.

Selain itu, kita juga mengetahui bahwa seri Huawei Mate 40 akan mendukung pengisian daya super cepat hingga 66W. Pengisian cepat mungkin mengalami peningkatan sekitar 1,6 kali lipat. Jika bisa menjadi standar untuk semua varian, itu akan sangat luar biasa.

Waktu Peluncuran
Berdasarkan berita terkini, seri Huawei Mate 40 diharapkan akan dipromosikan secara global pada 15 Oktober. Lalu dirilis di China pada 22 Oktober, atau sepekan kemudian. Pengguna gelombang pertama akan mendapatkan produk ini pada akhir Oktober. (Baca juga: Resmi!, Kalian yang Kredit Rumah dan Kendaraan Akan Dapat Subsidi Bunga )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4362 seconds (0.1#10.140)