Humanis dan Berani Modal, TikTok Tertanam Kuat dalam Masyarakat Amerika

Selasa, 08 September 2020 - 05:59 WIB
loading...
A A A
Aplikasi ini sangat menanamkan bisnis di masyarakat, sekaligus memberikan mata pencaharian bagi ribuan bintang baru di AS. Oleh karena itu, bakal lebih sulit untuk mencabutnya dari Paman Sam.

Pembuatnya mengatakan bahwa tidak ada yang meminta mereka untuk membuat pernyataan publik tentang dukungan untuk aplikasi tersebut. Namun bagi sebagian orang, hal tersebut merupakan hal yang wajar.

ByteDance Punya Rencana
Pada awal Agustus, ketika Trump mengatakan berencana melarang TikTok, sejumlah besar video yang mendukung aplikasi tersebut dan mengkritik presiden karena tidak berbisnis muncul di aplikasi tersebut. Beberapa hari kemudian, TikTok mengumumkan penerima manfaat pertama dari dana USD1 miliar, yang akan membantu kreator Amerika mengembangkan karier mereka di platform ini.

Segera setelah itu, perusahaan meluncurkan iklan TV bermaterikan rasa terima kasih kepada konten kreator. Karena menjadikan TikTok sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari Amerika di mana-mana.

"Kami menegaskan kembali komitmen kami untuk membuat mereka sukses jangka panjang di TikTok. Agar mereka dapat terus menggunakan kreativitasnya," kata Kuzi Chikumbu, Kepala Kkomunitas Kreatif TikTok, seperti dilansir dari Giz China.

Selain pendanaan, TikTok juga berusaha membuat pencipta kontennya mendapatkan dukungan dari kontrak TV, kontrak musik. Tindakan ini membuat aplikasi mendapatkan pendukung yang lebih berpengaruh di Amerika Serikat.

Ketika video komedian Beauman Martinez-Reid menjadi viral, Chikumbu mengangkat telepon untuk melihat apakah dia membutuhkan bantuan. Eksekutif TikTok membantu Martinez Reid menghubungi perusahaan dan akhirnya menandatangani kontrak. Sekarang, Martinez Reid memiliki 1,3 juta penggemar.

Pendekatan humanis ini tidak dilakukan oleh perusahaan teknologi Amerika. Inilah yang membuat TikTok sulit untuk dilupakan begitu saja oleh masyarakat Negeri Adi Daya tersebut. (Baca juga: 2 Lubang Hitam Terkuat Mau Tabrakan, Bahayakah untuk Warga Bumi? )
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3649 seconds (0.1#10.140)