Layar Ponsel Muncul di Laptop, Ini Fitur Nyeleneh Galaxy Note20 Ultra

Senin, 07 September 2020 - 09:33 WIB
loading...
Layar Ponsel Muncul di Laptop, Ini Fitur Nyeleneh Galaxy Note20 Ultra
Link to Windows memungkinkan menu Galaxy Note20 Ultra bisa di akses lewat layar komputer. Foto-foto: Sindonews/danang arradian
A A A
JAKARTA - Smartphone bisa jadi sumber distraksi saat sedang bekerja di PC karena ini: notifikasi. Nah, dengan Link to Windows, semua notifikasi di ponsel bisa langsung di akses melalui laptop. Dampaknya, bisa lebih fokus bekerja dan tetap tidak kehilangan berita. BACA JUGA : Begini Cara Sutradara Yandy Laurens Bikin Film Pendek dengan Galaxy Note 20

Link to Windows adalah fitur untuk menghubungkan Galaxy Note20 Ultra ke laptop/Desktop PC yang memakai sistem operasi WIndows. Fitur ini terus ditingkatkan seiring kerjasama Samsung-Microsoft yang semakin erat.

Layar Ponsel Muncul di Laptop, Ini Fitur Nyeleneh Galaxy Note20 Ultra

Lewat Link to Windows, menghubungkan smartphone ke laptop tidak sekadar untuk memindahkan file. Ternyata banyak sekali fitur yang bisa dilakukan.

Saya, misalnya, bisa melihat langsung notifikasi di ponsel langsung di layar laptop. Saya juga bisa menerima dan mengirim SMS. Saya bisa melakukan panggilan telepon (tanpa memegang ponsel). Dan juga bisa melihat foto yang ada di ponsel.

Saya juga bisa membuka aplikasi-aplikasi yang biasa saya gunakan di ponsel di layar PC.

Cara menggunakan fitur Link to Windows sebenarnya sederhana.

Pertama, unduh dan instal aplikasi Your Phone di Microsoft Store. Silahkan log in dengan akun Microsoft yang dimiliki.

Selanjutnya, ikuti perintah untuk menghubungkan Galaxy Note20 Ultra ke PC.

Di Galaxy Note20, cukup tarik menu quick panel dan sentuh ikon Link to Windows. Selanjutnya ikuti perintah yang tersedia, dan otomatis ponsel sudah terhubung ke laptop.

PONSEL DAN LAPTOP SATU KESATUAN
Layar Ponsel Muncul di Laptop, Ini Fitur Nyeleneh Galaxy Note20 Ultra

Sebagai orang yang gampang sekali terdistraksi, Link to Windows sedikit banyak membantu saya untuk fokus bekerja di depan laptop. Ada beberapa fungsi yang menurut saya krusial dan sangat relevan bagi para power user—sebutan pengguna Galaxy Note.

Pertama, mengakses panggilan telepon. Kita bisa melihat histori panggilan yang masuk, melihat daftar kontak, bahkan melakukan panggilan telepon dari komputer (tanpa menyentuh ponsel).

Kedua, semua notifikasi dari ponsel bisa langsung di cek di layar komputer. Notifikasi dari Instagram, Facebook, YouTube, Twitter, dan banyak lainnya. Sehingga tidak perlu melihat layar ponsel berkali-kali.

Ketiga, kita bisa melihat langsung foto yang tersimpan di Galaxy Note20 Ultra. Ini penting, karena sering sekali saya harus atau ingin mengirim foto tertentu lewat WhatsApp, misalnya.

BACA JUGA :Segudang Cara Seru Bermain dengan Galaxy Note20 Ultra

Dengan Link to Windows saya cukup memindah foto di ponsel ke komputer (drag and drop), dan mengirimkannya lewat aplikasi WhatsApp yang ada di PC. Ada 2.000 foto yang bisa di akses di Samsung Galaxy Note20.

Fitur keempat dan yang paling saya sukai adalah mirroring. Apa yang terlihat di layar ponsel, muncul juga di layar PC kita. Bahkan, aplikasi yang dibuka di ponsel juga muncul di PC.

Meski, aplikasi finansial seperti Jenius atau BCA Mobile sengaja tidak bisa di akses demi keamanan.

Terakhir, mengirim SMS langsung dari laptop. Ketika komunikasi lebih banyak dilakukan lewat layanan pesan instan seperti WhatsApp, ada kalanya kita masih berbalas SMS. Misalnya dengan saudara atau orang tua. Fitur ini membuat kita tidak perlu repot mengetik SMS dari ponsel.

ALAT KERJA
Link to Windows hanya sebagian kecil fitur yang dimiliki Galaxy Note20 Ultra untuk membantu para power user menjadi produktif. Sebab, target utama pengguna Galaxy Note20 Ultra sendiri memang mereka yang membutuhkan ponsel sebagai perangkat kerja.

Bisa disimpulkan bahwa Galaxy Note20 Ultra adalah perangkat yang sangat fleksibel. Di perjalanan, pengguna bisa memanfaatkan S Pen untuk menulis, melakukan revisi, hingga menandatangani dokumen secara digital.

BACA JUGA :Galaxy Note 20 Ultra vs Note 20 vs Note 10 Plus vs Note 10, Apa Bedanya?

Di kantor, Link to Windows membuat Galaxy Note20 Ultra bisa bersinergi atau menyatu dengan laptop penggunanya. Sebab seluruh konten yang ada di ponsel bisa langsung di akses di laptop.

Ketika harus melakukan presentasi pun, pengguna Galaxy Note20 Ultra bisa mengoptimalkan fitur Galaxy Dex Nirkabel. Sehingga file presentasi dalam bentuk Power Point yang ada di ponsel dapat terhubung langsung ke Smart TV di ruang rapat. Tanpa kabel, tanpa laptop, tanpa repot. Karena semua dilakukan lewat ponsel.

MENGEDEPANKANEKSPERIENS
Layar Ponsel Muncul di Laptop, Ini Fitur Nyeleneh Galaxy Note20 Ultra

Karena Samsung sudah sangat fokus dengan Galaxy Note sejak 2011 silam, maka apa yang mereka capai sekarang sangat sulit di kejar oleh vendor lain.

Bisa dibilang sia-sia untuk ”mengadu” Galaxy Note20 Ultra dalam hal performa AnTuTu, soal kamera, atau gimmick lainnya. Sebab, pengguna Galaxy Note tidak terlalu peduli dengan hal-hal seperti itu.

Yang mereka pikirkan adalah bagaimana Galaxy Note bisa menunjang pekerjaan atau kegiatan mereka sehari-harinya. Dan kombinasi S Pen, S Note, serta fitur-fitur seperti Link to Windows dan Samsung DeX nirkabel jelas memberi kemudahan-kemudahan yang tidak akan bisa di dapat di ponsel lainnya.

BACA JUGA :Ngevlog dengan Galaxy Note20 Ultra, S Pen Bisa Ngedit, Bisa Juga Jadi Remote

Karena itu, bisa dibilang Galaxy Note20 Ultra berdiri sendiri, bermain di segmen tanpa penanding dan pembanding.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4174 seconds (0.1#10.140)