5 Kesalahan Fatal Ini Bisa Membuat HP Meledak saat Dicas

Senin, 14 Oktober 2024 - 07:20 WIB
loading...
5 Kesalahan Fatal Ini...
Kesalahan saat mengisi daya HP dapat berdampak fatal. Foto/Zeehoox
A A A
JAKARTA - Kabar seorang pria yang terkena luka bakar akibat ponsel meledak saat dicas membuat banyak orang cemas. Belakangan diketahui sang pria membuat kesalahan fatal, memainkan ponsel sembari dicas sehingga mengalami korslet dan meledak.

Mengecas handphone merupakan aktivitas rutin. Namun sayangnya, masih banyak yang melakukan kesalahan sehingga berakibat fatal.

Melansir Pcmag, Senin (14/10/2024) baterai yang sedang diisi daya atau prosesor yang bekerja terlalu keras menjadi terlalu panas dengan cepat. Hal itu dapat merusak susunan kimiawi komponen ponsel. Pada baterai, reaksi berantai yang disebut thermal runaway menyebabkan baterai menghasilkan lebih banyak panas dan akhirnya terbakar atau meledak.

Untuk menghindari hal itu hindari 5 kesalahan fatal yang dapat membuat HP meledak, apa saja:

1. Charger tak sesuai standar


Menggunakan charger sesuai standar merupakan hal penting yang sering diabaikan karena banyak faktor seperti charger ketinggalan dan meminjam milik orang lain. Pastikan selalu pilih pengisi daya bawaan ponsel atau yang disertifikasi oleh produsen. Pilihan charger pihak ketiga yang murah mungkin tidak memenuhi standar keselamatan, sehingga berpotensi merusak ponsel hingga menyebabkan kebakaran.


2. Pengisian daya berlebih


Cabut ponsel setelah baterai terisi 100 persen. Pengisian daya yang berlebihan dapat membuat baterai panas, sehingga mengurangi masa pakainya. Sebagian besar ponsel pintar modern memiliki mekanisme untuk mencegah pengisian daya yang berlebihan, tetapi mencabut ponsel saat daya terisi penuh tetap merupakan praktik terbaik.

3. Mengisi daya di kasur atau sofa


Letakkan ponsel di permukaan keras dan datar saat mengisi daya. Permukaan yang lembut seperti tempat tidur atau sofa dapat menyebabkan panas berlebih, karena dapat menghalangi ventilasi ponsel.


4. Mengecas di tempat yang mudah terbakar


Pastikan area di sekitar ponsel yang sedang diisi daya bersih dan bebas dari bahan yang mudah terbakar. Debu dan kotoran juga dapat terkumpul di port pengisian daya, yang berpotensi menyebabkan korsleting.

5. Mengecas HP di dekat sumber panas


Isi daya ponsel di tempat sejuk dan kering. Suhu ekstrem dapat merusak baterai. Hindari mengisi daya ponsel di bawah sinar matahari langsung atau di dekat sumber panas.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1005 seconds (0.1#10.140)