5 Cara Mengatasi Cas HP Lama Beserta Penyebabnya yang Perlu Kamu Tahu

Selasa, 05 September 2023 - 19:12 WIB
loading...
5 Cara Mengatasi Cas HP Lama Beserta Penyebabnya yang Perlu Kamu Tahu
Cas HP yang lama bisa jadi disebabkan oleh adaptor atau kabel charger yang rusak. Foto/StockSnap
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi cas HP lama penting diketahui setiap orang. Sebab, bila tidak cepat diatasi bisa saja charger atau HP itu sendiri akan mengalami kerusakan permanen.

Saat ini mode pengisian baterai pada HP dapat dilakukan dengan cepat. Hanya dalam waktu 45 menit atau bahkan 30 menit, baterai HP sudah bisa terisi penuh.

Namun lain cerita bila ada masalah pada charger HP itu sendiri. Cas HP yang bermasalah tentunya akan berpengaruh pada performa pengisian daya. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi cas HP yang lama.

Cara Mengatasi Cas HP Lama


1. Mengganti Kabel


Cas HP yang lama bisa jadi disebabkan oleh adaptor atau kabel charger yang rusak. Cobalah untuk menggantinya dengan adaptor baru yang sesuai.

Sebaiknya gunakan charger dan adaptor yang berkualitas atau sesuai dengan HP yang digunakan supaya lebih awet.



Pastikan juga untuk tidak menggunakan kabel atau charger fast charging pada HP yang tidak mendukung fitur tersebut. Hal ini karena akan membuat HP cepat rusak.

2. Memeriksa Port Charger dan HP


Daya yang lama terisi kemungkinan berasal dari port charger yang tidak dibersihkan sehingga banyak debu yang terkumpul. Jika iya, maka bersihkanlah dengan alat khusus sehingga tidak merusak port.

Bisa juga port charger atau HP mengalami kerusakan sehingga tidak bisa menyambungkan daya. Bila sudah seperti ini maka gantilah dengan charger baru atau memperbaikinya di service center.

3. Menonaktifkan Aplikasi yang Menguras Daya


Lambatnya pengisian juga disebabkan oleh aplikasi yang masih berjalan di latar belakang HP. untuk itu, sebelum melakukan pengisian daya cobalah untuk mengecek aplikasi yang masih berjalan atau mematikan untuk sementara aplikasi tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)