Waspada! Ini 3 Bahaya Cas HP di Tempat Umum yang Jarang Diketahui

Kamis, 13 April 2023 - 14:59 WIB
loading...
Waspada! Ini 3 Bahaya Cas HP di Tempat Umum yang Jarang Diketahui
Terdapat sejumlah bahaya cas HP di tempat umum yang jarang diketahui masyarakat luas. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah bahaya cas HP di tempat umum yang jarang diketahui masyarakat luas. Salah satunya adalah potensi terkena peretasan .

Seiring waktu, penggunaan ponsel pintar di tengah masyarakat sudah menjadi kebutuhan penting. Sejalan dengan hal tersebut, saat ini banyak dijumpai pula fasilitas pengisian daya yang berada di tempat umum.

Tujuan fasilitas tersebut sebenarnya bagus. Dalam hal ini, orang yang kehabisan daya pada ponselnya bisa menggunakan fasilitas itu dengan praktis. Saat ini, cukup banyak ditemui tempat pengisian daya umum seperti di kafe, stasiun, bandara, dan lainnya.

Akan tetapi, di balik manfaatnya tersebut, ternyata ada sisi lain yang berpotensi membahayakan penggunanya. Sebagai efeknya, dampak buruk bisa muncul terhadap ponsel terkait atau keamanan data pemiliknya.



Berikut sejumlah bahaya cas HP di tempat umum yang jarang diketahui.

Deretan Bahaya Cas HP di Tempat Umum

1. Risiko Peretasan

Baru-baru ini, Biro Investigasi Federal (FBI) mengimbau kepada masyarakat luas agar tidak melakukan pengisian daya ponsel di tempat umum. Adapun alasannya karena hacker bisa menggunakan port USB publik untuk memuat virus berbahaya seperti Malware.

Dalam hal ini, colokan USB yang telah terinfeksi bisa membuat peretas memiliki akses ke ponsel atau tablet si korbannya. Bahayanya, hacker bisa saja mengambil alih data-data penting pada ponsel dengan cara tersebut.

Sebagai solusinya, FBI merekomendasikan agar pengguna ponsel membawa pengisi daya dan kabel USB sendiri dari rumah. Selain itu, mereka juga disarankan menggunakan stopkontak listrik standar ketika mengisi daya.

2. Risiko HP Hilang

Umumnya, fasilitas pengisian daya ponsel di tempat umum disediakan untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan aktivitas kesehariannya. Sebagai contoh, ketika mereka berada di stasiun, bandara, kafe, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, tak jarang pengguna ponsel terlalu ceroboh ketika meninggalkan ponselnya yang tengah dicas. Karena tempat tersebut bersifat umum, tentu ada kemungkinan orang-orang tak bertanggung jawab bisa saja mengambil ponsel tersebut.

Maka dari itu, akan lebih baik untuk tidak meninggalkan ponsel yang tengah diisi daya di tempat umum. Sehingga potensi kehilangan ponsel karena dicuri tidaklah terjadi.


3. Risiko Kerusakan pada Komponen Ponsel

Pada beberapa kasus, kerap terjadi kerusakan ponsel akibat pengisian daya yang buruk. Biasanya, ketika baterai ponsel habis di tempat umum, seseorang pasti mencari lokasi colokan atau stopkontak yang dialiri listrik.

Hal tersebut sejatinya tidak sepenuhnya salah, namun perlu diketahui bahwa Anda tidak boleh untuk asal memilih sumber listrik secara sembarangan. Karena bisa saja, kondisi arus listrik pada colokan tersebut kurang stabil atau buruk, sehingga berisiko merusak komponen ponsel, termasuk charger.

Itulah sejumlah bahaya cas HP di tempat umum yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4031 seconds (0.1#10.140)