Dijamin Awet! Ini Tips Memilih Kabel Charger HP yang Tepat

Senin, 11 Desember 2023 - 17:30 WIB
loading...
Dijamin Awet! Ini Tips Memilih Kabel Charger HP yang Tepat
Kabel charger HP memiliki tipe konektor yang berbeda-beda. (Foto: MNC)
A A A
JAKARTA - Sebelum membeli, ketahui tips memilih kabel charger HP yang tepat. Sehingga, komponen baterai HP kamu awet dan tidak mengalami kerusakan akibat kabel charger tidak proper.

Kabel charger pada HP memiliki tipe konektor yang berbeda-beda. Salah satunya tipe lightning yang merupakan konektor khusus dan eksklusif digunakan oleh produk-produk Apple. Sementara di ponsel Android, kabel charger-nya menggunakan Micro USB dan USB Type C.

Meski konektor perangkat Apple dan Android berbeda, Anda harus tetap mengetahui mana kabel charger yang tepat untuk perangkat Anda. Caranya:

Tips Memilih Kabel Charger HP

1. Pastikan Charger Original


Sebaiknya Anda memilih dan membeli kabel charger yang sama dengan merk HP alias original. Ini sangat disarankan saat Anda membeli penggantinya karena adanya kerusakan kabel charger bawaan.

Kenapa demikian? Ini bertujuan agar arus output serta inputnya sebanding dengan kepala charger yang anda gunakan. Jika berbeda, tentu akan berpengaruh terhadap kinerja pengisian baterai.

2. Pastikan Mendukung Fast Charging


Fitur fast charging sudah jadi keharusan bagi. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengisi daya baterai dengan lebih cepat. Periksa pula spesifikasi kabel untuk memastikan kemampuannya mendukung fast charging.

3. Kualitas Material dan Konstruksi


Pilih kabel yang terbuat dari bahan berkualitas dan memiliki konstruksi yang kokoh. Kabel dengan lapisan pelindung tambahan atau tahan lilitan dapat membantu mencegah kerusakan fisik yang disebabkan oleh penggunaan berulang.

4. Perhatikan Bahan Coating


Coating merupakan lapisan material pelindung terluar dari kabel charger. Secara visual, terdapat beberapa jenis coating yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan kabel charger, antara lain nilon, fiber kevlar, kulit sintetis, dan PVC.

Bisa jadi akan sulit untuk mengenali material ini. Namun umumnya kabel charger yang bagus akan menampilkan informasi material coating yang digunakan pada kemasannya. Dalam setiap jenis coating seringkali akan berpengaruh terhadap kelenturan kabel sehingga mampu memberikan perlindungan lebih dan tahan lama.

5. Pilih Panjang Kabel yang Sesuai


Setiap kabel memiliki ukuran yang berbeda-beda jadi perlu untuk mempertimbangkan panjang kabel yang dibutuhkan. Untuk kabel charger Type C ke Lightning biasanya tersedia dalam berbagai ukuran, seperti 1 meter, 1.5 meter, atau 2 meter. Pilih panjang yang sesuai dengan kebutuhan. Dan harus selalu diperhatikan bahwa kabel yang terlalu panjang mungkin dapat mengalami penurunan kinerja.

6. Cek Review dan Reputasi Merek


Sebelum membeli, cek ulasan dan reputasi merek kabel charger yang ingin dibeli. Tinjau pengalaman pengguna lain untuk mendapatkan gambaran tentang kualitas dan keandalan produk tersebut.

Itulah tips memilih kabel charger HP terbaik. Dapatkan gadget dan aksesoris terlengkap di AladinMall . Nikmati fasilitas Gratis Ongkir dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store .

Buat yang ingin dapetin promo gadget dan aksesori murah, hari ini, 11 Desember pukul 20.00 WIB, AladinMall hadir di Shop+-nya RCTI+ #FirstLiveShopingonOTT. Yuk, join dan dapatkan harga khusus hanya selama live berlangsung.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7238 seconds (0.1#10.140)