Irit, Begini Cara Kirim Pesan Tanpa Data Seluler atau Wi-Fi di iPhone

Rabu, 02 Oktober 2024 - 21:00 WIB
loading...
Irit, Begini Cara Kirim...
Fitur ini hanya tersedia pada seri iPhone 14 dan model yang lebih baru termasuk iPhone 16. Foto/Slash Gear
A A A
JAKARTA - Pengguna Apple bisa menikmati fasilitas darurat berbasis satelit pada iPhone . Salah satunya mengirim pesan tanpa data seluler atau Wi-Fi di iPhone.

Fasilitas tadi bisa dinikmati berkat pembaruan iOS 18 , iPhone memiliki akses tautan satelit. Fitur ini sangat membantu ketika pengguna berada di luar jaringan seluler dan berada di situasi tidak dapat menemukan konektivitas seluler atau Wi-Fi.

Slash Gear melansir, Rabu (2/10/2024) fasilitas perpesanan berbasis satelit memungkinkan pengguna mengirim pesan teks, menanggapi dengan emoji, dan menikmati Tapbacks melalui jalur iMessage dan SMS.

Sejauh ini, fitur ini hanya tersedia pada seri iPhone 14, dan model yang lebih baru termasuk iPhone 16, sementara ketersediaan geografis terbatas di Amerika Serikat dan Kanada. Fitur ini tidak sama dengan fitur Darurat SOS melalui Satelit Apple, yang hanya boleh digunakan untuk menghubungi penanggap darurat saat meminta bantuan darurat saat bencana melanda.



Untuk bertukar pesan melalui tautan satelit, pengguna perlu memastikan telah menyiapkan beberapa sistem pada iPhone. Untuk memulai, iMessage harus dalam keadaan aktif, yang biasanya terjadi pada sebagian besar pengguna iPhone setelah pengaturan awal.

Cara mengirim dan menerima pesan satelit di iPhone :


Pengguna iPhone mulai mengatur Kontak Darurat dan grup Berbagi Keluarga, karena kontak ini dapat mengirim pesan bahkan ketika berada di luar jangkauan. Caranya dengan menghubungkan iPhone ke saluran satelit. Jika pengguna ponsel lainnya belum memperbarui ke iOS 18, teks satelit masih berfungsi melalui protokol SMS.

Hal terpentingnya iMessage melalui satelit hanya berfungsi ketika pengirim dan penerima telah memperbarui ponsel ke iOS 18. Dengan prasyarat yang sudah beres, berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti.



Jika tidak ada jaringan seluler atau Wi-Fi, itu akan meminta pengguna dengan pemberitahuan "Gunakan Pesan melalui Satelit", bahkan pada layar kunci.

Buka aplikasi Pesan di iPhone dan terima permintaan untuk menerima pesan satelit. Jika menggunakan fitur ini untuk pertama kalinya, akan melihat panduan langkah demi langkah untuk memulai di layar.

Untuk mendapatkan koneksi terbaik, pastikan berada di area terbuka atau di tempat yang dapat melihat langsung langit.

Pada ponsel dengan Dynamic Island, pengguna juga akan melihat panduan berbasis panah untuk penjajaran jaringan terbaik untuk mendapatkan uplink satelit.

Cara alternatif untuk mengakses fasilitas ini dengan menarik Pusat Kontrol ke bawah, mengetuk tombol Data Seluler (ikon menara), dan memilih opsi Pesan melalui Satelit.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)