Huawei Rilis Ponsel Lipat Tiga Layar, Harganya Rp50 Juta

Jum'at, 13 September 2024 - 20:06 WIB
loading...
Huawei Rilis Ponsel...
Mate XT memiliki tiga layar dan engsel ganda. Foto/Albawaba
A A A
JAKARTA - Huawei secara resmi meluncurkan ponsel lipat pertama di dunia, Mate XT. Kekhasannya terletak pada tiga layar dan engsel ganda.

Albawaba melansir, Jumat (13/9/2024) peluncuran ini dilakukan untuk memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar ponsel pintar dan menyaingi Apple yang baru saja meluncurkan iPhone 16. Desain engsel ganda yang terbalik membentuk huruf "Z", sehingga Mate XT dapat digunakan dalam beberapa konfigurasi.

Saat dikompresi, layar OLED-nya berukuran 6,4 inci, mirip dengan ponsel layar tunggal konvensional, dan saat ini layar diperbesar menjadi berukuran 10,2 inci.

Desain ini ternyata menarik perhatian. Walhasil, lebih dari 4 juta pre-order telah dilakukan. Reuters melansir, data dari firma riset IDC menunjukkan sekitar 4 juta ponsel lipat terjual secara global pada kuartal kedua tahun ini. Namun, menurut Bloomberg, angka ini tidak akurat karena sistem reservasi hanya memberi tahu pelanggan tentang cara membeli ponsel ketika diluncurkan nanti bulan ini, pada hari yang sama dengan iPhone 16, tanpa memerlukan deposit atau pembayaran muka.



Model dasar Mate XT dengan kapasitas 256GB dibanderol seharga 2.800 dollar AS atau Rp 43,1 juta. Sementara model 512GB dibanderol 3.089 dollar AS atau Rp 47,6 juta. Sedangkan model 1TB seharga 3.370 dollar AS atau Rp 52 juta. Semua tipenya dilengkapi dengan memori RAM 16GB.

Acara peluncuran Mate XT tidak memberikan informasi tentang chip yang digunakan untuk menggerakkan perangkat ini, sehingga banyak orang berpendapat bahwa tidak ada inovasi baru dan harga yang tinggi tidak akan memberikan peningkatan performa yang signifikan.

Ponsel ini memiliki baterai 5.600mAh dan mendukung pengisian daya kabel 66W atau nirkabel 50W. Kamera utama 50-megapiksel, kamera ultrawide 12-megapiksel, dan kamera periskop 12-megapiksel terletak di bagian belakang. Ketika dibuka, kamera selfie hole-punch 8-megapiksel terletak di layar paling kiri.



“Hari ini kami mempersembahkan produk yang semua orang bisa pikirkan tetapi tidak bisa dibuat. Tim kami telah bekerja keras selama lima tahun dan tidak pernah menyerah,” kata Richard Yu, direktur eksekutif Huawei, saat acara peluncuran.

“Hari ini kami akan sekali lagi menulis ulang sejarah industri, mengubah fiksi ilmiah menjadi kenyataan, dan memimpin era baru perangkat lipat,” tambahnya.

Huawei belum mengungkapkan rincian ketersediaan Mate XT di luar pasar China.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)