Ponsel Lipat Samsung Ganggu Dominasi Apple

Rabu, 03 Januari 2024 - 17:32 WIB
loading...
Ponsel Lipat Samsung Ganggu Dominasi Apple
Dominasi Apple di segmen ponsel premium mulai terusik oleh Samsung. (Foto: Android Authority)
A A A
JAKARTA - Dominasi Apple di segmen ponsel premium mulai terusik oleh Samsung. Hal itu berkat kehadiran ponsel lipat Samsung Fold dan Samsung Flip.

Berdasarkan data Counterpoint, Apple memang masih menguasai segmen pasar ponsel premium di 2023 dengan market share sebesar 71 persen. Namun, capaian ini turun 4 persen dari tahun 2022. "Samsung mengalami peningkatan luar biasa. Ponsel lipat buatan mereka membantu perusahaan mencuri market share yang sebelumnya dikuasai Apple," tulis Android Authority, Rabu (3/1/2024)

Secara umum penjualan ponsel di tingkat global pada 2023 mengalami penurunan. Uniknya, penjualan ponsel premium justru meningkat drastis.



Counterpoint secara khusus bahkan melihat ponsel ultra-premium dengan harga belasan juta rupiah merupakan pendorong berkembangnya segmen ponsel premium. Ponsel-ponsel tersebut meraih sepertiga penjualan pasar premium.



Menariknya lagi konsumen yang menginginkan ponsel premium dengan kualitas tinggi mengalami perkembangan pesat. "Mereka bersedia mengeluarkan lebih banyak uang untuk mendapatkan perangkat berkualitas tinggi yang dapat mereka gunakan dalam jangka waktu lebih lama,” kata Varun Mishra, analis senior Counterpoint.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3554 seconds (0.1#10.140)