10 Istilah Kecerdasan Buatan atau AI yang Perlu Dipahami di 2024

Senin, 09 September 2024 - 20:27 WIB
loading...
10 Istilah Kecerdasan...
Ada banyak istilah kecerdasan buatan yang penting untuk dipahami. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Seiring perkembangan AI yang semakin pesat, penting untuk memahami istilah-istilah kunci yang digunakan dalam dunia kecerdasan buatan. Tentu, agar kita lebih update lagi terhadap perkembangan teknologi terkini.

Ini penting, karena peran AI semakin besar dalam keseharian. Bahkan, banyak yang menggunakan jargon seperti "prompt" dan "machine learning" sambil ngopi santai. Di akhir

2023 silam, Microsoft merangkumkan 10 istilah AI yang perlu Anda ketahui. Nah, berikut rinciannya:

1. Penalaran (Reasoning) / Perencanaan (Planning): Komputer AI kini mampu memecahkan masalah dan menyelesaikan tugas menggunakan pola yang dipelajari dari data historis. Proses ini mirip penalaran atau berpikir logis. Sistem AI canggih bahkan bisa membuat perencanaan, merancang langkah-langkah untuk mencapai tujuan tertentu.

2. Pelatihan (Training) / Inferensi (Inference): Dua langkah utama dalam membuat dan menggunakan sistem AI. Pelatihan adalah proses mendidik sistem AI dengan dataset, sehingga AI belajar melakukan tugas atau membuat prediksi. Inferensi adalah ketika sistem AI menggunakan pola yang telah dipelajari untuk menghasilkan prediksi baru.

3. Model Bahasa Kecil (Small Language Model / SLM): Versi mini dari model bahasa besar (LLM). SLM lebih ringkas dan dapat digunakan secara offline, cocok untuk perangkat seperti laptop atau ponsel.

4. Grounding: Proses menghubungkan model AI dengan data dan contoh nyata untuk meningkatkan akurasi dan relevansi respons.

5. Retrieval Augmented Generation (RAG): Metode yang memberikan akses sistem AI ke sumber grounding untuk membantunya menjadi lebih akurat dan terkini tanpa perlu pelatihan ulang.

6. Orkestrasi (Orchestration): Lapisan yang mengatur instruksi dan tugas-tugas yang dilakukan sistem AI saat memproses permintaan pengguna, memastikan urutan yang benar dan respons terbaik.

7. Memori: Meski tidak memiliki memori secara teknis, program AI dapat "mengingat" informasi dengan mengikuti langkah-langkah spesifik, seperti menyimpan riwayat obrolan atau menggunakan data grounding dari pola RAG.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1669 seconds (0.1#10.140)