Deretan Rumor tentang iPhone 16, Makin Canggih dengan AI

Jum'at, 02 Agustus 2024 - 11:05 WIB
loading...
A A A
Bocoran terpercaya Ming-Chi Kuo mengklaim bahwa iPhone 16 Pro akan mendapatkan tampilan yang sedikit lebih besar untuk menampung kamera periskop baru, seperti yang terlihat pada iPhone 15 Pro Max. Beberapa minggu sebelumnya, Ross Young dari Display Supply Chain Consultants mengklaim bahwa rasio aspek iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max akan meningkat menjadi 6.3 inci dan 6.9 inci, memberikan tampilan yang lebih besar dan ukuran baterai yang lebih besar.

Pada 22 Mei 2023, 9to5Mac merilis CAD dari iPhone 16 Pro Max yang dikabarkan akan memiliki tampilan 6.9 inci, dengan bodi yang lebih besar.

Situs web tersebut juga menyarankan bahwa iPhone 16 Pro Max mungkin meninggalkan nama Max dan memilih untuk menyebutnya iPhone 16 Pro Ultra, sesuai dengan branding Apple Watch Ultra. Apple Sonny Dickson pun merilis gambar dummy dari model iPhone 16. Nampak tampilannya lebih besar pada model pro dan tampilan yang sama pada model non-pro.


4. Memiliki Bezel Lebih Tipis


Lini model iPhone 16 juga bisa memiliki bezel yang lebih tipis. Menurut Korea The Elec, produsen iPhone telah mengembangkan teknologi struktur batas baru yang dapat mengurangi ukuran bezel, sehingga memungkinkan perusahaan membuat tampilan dengan sirkuit internal yang lebih tipis. Tampilan OLED iPhone 16 mungkin menggunakan teknologi mikro-lensa untuk konsumsi daya dan kecerahan yang lebih baik.

Bocoran terpercaya UniverseIce juga mengungkapkan dimensi lengkap iPhone 16 Pro Max, menunjukkan jauh lebih besar daripada iPhone 15 Pro Max, meskipun dengan bezel yang lebih tipis. Menurut bocoran tersebut, dimensi iPhone 16 Pro Max akan menjadi 163mm x 77.5mm x 8mm.

5. Tingkat kecerahan lebih tinggi


Pada Mei 2024, bocoran Weibo Instant Digital mengklaim bahwa iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan memiliki tampilan dengan kecerahan puncak 1.200 nits atau 20 persen lebih tinggi daripada 1.000 nits pada iPhone 15 Pro. SDR iPhone belum berubah sejak iPhone 13, jadi lonjakan kecerahan 20 persen seharusnya sangat terasa (jika benar).

6. iPhone 16 akan menampilkan tombol baru


Seluruh lini iPhone 16 diperkirakan punya tombol aksi yang ditemukan pada iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max – sesuatu yang menggantikan tombol mute. MacRumors mengklaim telah melihat dokumen internal yang menunjukkan bahwa tombol aksi akan beralih dari tombol mekanis menjadi tombol sentuh kapasitif, yang memungkinkan fungsionalitas lebih.

MacRumors mengatakan bahwa tombol aksi baru akan memiliki sensor tekanan yang mendeteksi perubahan tekanan, serta fungsi saklar sentuhan.

7. iPhone 16 Pro dan Pro Max akan mendapatkan tombol pemotretan baru


Sudah banyak dilaporkan bahwa iPhone 16 akan memiliki tombol pemotretan baru. Pada akhir tahun lalu, Mark Gurman dari Bloomberg mengklaim bahwa empat model iPhone 16 akan dilengkapi dengan tombol pemotretan baru yang dirancang untuk merekam video. Jika benar, tombol pemotretan baru ini mungkin dapat digunakan untuk merekam video spasial dengan cepat untuk Apple Vision Pro.


8. Susunan kamera di bagian belakang iPhone 16 akan diatur secara berbeda untuk mendukung video spasial


Apple juga dilaporkan mengubah susunan kamera di bagian belakang model dasar iPhone 16. Apple Insider mempublikasikan bocoran dummy dari iPhone 16, dan kamera baru mungkin diatur secara vertikal daripada diagonal. iPhone 15 Pro saat ini menggunakan kamera bertumpuk untuk video spasial.

9. Warna baru


Pada pertengahan Mei, pembocor terpercaya Ming-Chi Kuo mengklaim bahwa iPhone 16 Pro dan Pro Max akan tersedia dalam warna hitam, putih, perak, atau abu-abu dan warna rose baru. Artinya, Apple mungkin akan menghentikan warna titanium biru dari lini iPhone 15 Pro, menggantinya dengan warna baru.

Pada 31 Juli 2024, pembocor Weibo Fixed Focus Digital mengklaim bahwa warna baru iPhone 16 Pro Max memiliki nuansa perunggu.

10. Fitur iPhone 16


Bocoran fitur iPhone 16 terkuak saat Apple menyelenggarakan acara WWDC pada bulan Juni dan memperkenalkan iOS 18 kepada publik. Nantinya, hanya iPhone 15 Pro dan iPhone 16 yang mendapatkan fitur Apple Intelligence (AI). Lantaran perangkat yang mendukung Apple Intelligence memerlukan iPhone dengan chip A17 Pro.

11. iPhone 16 akan memiliki alat penulisan sistem-wide untuk menulis ulang, memeriksa, dan merangkum teks


iPhone 16 dengan Apple Intelligence di iOS 18. Kemampuannya mencakup alat penulisan sistem-wide baru yang memungkinkan pengguna untuk menulis ulang, memeriksa, dan merangkum teks hampir di mana saja mereka menulis, termasuk Mail, Notes, Pages, dan aplikasi pihak ketiga. Dari keynote, sepertinya ini akan menjadi Grammarly untuk iPhone.

Apple Intelligence juga akan menghadirkan sesuatu yang disebut Image Playground, memungkinkan pengguna menghasilkan gambar menarik dalam hitungan detik menggunakan teks. Pengguna bisa memilih dari tiga gaya gambar yang berbeda – animasi, ilustrasi, atau sketsa.

Image Playground akan dibangun langsung ke dalam aplikasi pesan dan dalam aplikasi khusus. Fitur ini dirancang eksklusif untuk perangkat iPhone 15 Pro dan seterusnya, termasuk iPhone 16.

12. Kenangan film foto menggunakan AI


Fitur Photos baru untuk iOS 18 dan iPhone 16 mencakup kenangan foto dalam film. Pengguna tinggal mengetik deskripsi tentang apa yang diinginkan dan Apple Intelligence akan mengambil foto-foto tersebut, menyusunnya menjadi film dengan narasi dan alur ceritanya sendiri. Fitur Photos lainnya meniru alat penghapus Google yang ditemukan pada Google Pixel, memungkinkan pengguna menghapus gangguan dan orang di latar belakang dari gambar.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1886 seconds (0.1#10.140)