Tips dan Trik Mengakses Situs Web yang Dibatasi pada Wilayah Tertentu

Senin, 24 Agustus 2020 - 21:06 WIB
loading...
A A A
Itulah cara sebuah pemerintahan membatasi akses warga negara dengan penyaringan atau pengalihan domain name system (DNS). Langkah ini merupakan cara untuk menghapus registry credentials of a DNS yang ingin disensor oleh host dari suatu negara. Cara ini membuat situs tidak terlihat oleh browser.

Blocklisting atau Memblokir Alamat IP
Pemerintah melakukan penyensoran dengan mengumpulkan daftar alamat IP dari situs web tertentu. Ketika warga mereka mencoba masuk ke situs yang sudah masuk dalam blacklist, akses mereka akan langsung diblokir. Demikian juga, alamat IP yang terdaftar atau ditautkan pada server hosting yang sama, juga tidak dapat diakses.

Memindai Uniform Resource Locator (URL)
Sensor internet dapat dilakukan dengan menggunakan pemfilteran kata kunci untuk memblokir akses ke situs web. Perangkat lunak filtering dapat memindai lalu lintas jaringan yang tidak dienkripsi dan mengisolasi situs berdasarkan kata kunci yang dimasukkan dalam daftar blacklist, yang tidak perlu dimasukkan dalam Site’s URL.

Sensor Canggih melalui Deep Packet Inspection (DPI)
DPI sering digunakan oleh negara-negara yang memberlakukan sensor internet yang kuat. Teknologi ini dapat membedakan jenis lalu lintas internet yang ditransfer antara server dan pengguna. Misalnya, firewall canggih di China dapat mendeteksi dan memblokir VPN atau tor encrypted traffic.

Cara mengakses situs web yang dibatasi secara wilayah adalah menggunakan VPN untuk mengakses layanan streaming hiburan populer adalah melalui virtual private network (VPN). VPN bekerja dengan mengarahkan pengguna ke koneksi jaringan yang aman.

Istilah 'virtual' sendiri menunjukkan seperangkat software kontrol yang membentuk koneksi secara lebih aman, dibandingkan dengan perangkat keras yang terpisah atau jalur khusus lainnya. Selanjutnya, lalu lintas internet pengguna diarahkan melalui sebuah 'tunnel'. Tunneling diartikan memindahkan paket lalu lintas internet terenkripsi dan membungkusnya dengan paket lain.

Pada dasarnya, VPN adalah koneksi terenkripsi yang menunjukkan lokasi dan alamat IP pengguna sebagai server VPN, dan bukan lokasi login pengguna yang sebenarnya. Sekali lagi, koneksi antara pengguna dan server VPN dienkripsi dan aman.

Mengalahkan Geo-Blocking
Netflix dan layanan lainnya menggunakan strategi pemblokiran VPN, tetapi VPN berkualitas tinggi seperti Surfshark, ExpressVPN dan NordVPN dapat mengatasi pemblokiran tersebut. Layanan-layanan itu menggunakan berbagai metode untuk membuka Geo-Blocking, seperti VPN server hopping dan secara teratur memperbarui alamat IP mereka untuk menghindari masuk ke blacklist.

Tiga layanan VPN teratas ini menawarkan inventaris server di seluruh dunia dari negara-negara di seluruh dunia untuk mengalahkan Geo-Blocking.

Pengujian terbaru terhadap layanan Surfshark, misalnya, menunjukkan keberhasilan yang konsisten dalam membebaskan Netflix, Amazon Prime Video, Hulu, HBO GO, dan BBC iPlayer. Hasil tes juga menunjukkan Surfshark adalah layanan terdepan yang memberikan high end security dengan dukungan enkripsi tingkat militer dan perlindungan kebocoran DNS .
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4295 seconds (0.1#10.140)