Tips dan Trik Mengakses Situs Web yang Dibatasi pada Wilayah Tertentu

Senin, 24 Agustus 2020 - 21:06 WIB
loading...
Tips dan Trik Mengakses Situs Web yang Dibatasi pada Wilayah Tertentu
Pada dasarnya, VPN adalah koneksi terenkripsi yang menunjukkan lokasi dan alamat IP pengguna sebagai server VPN, dan bukan lokasi login pengguna yang sebenarnya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Bila Anda mengalami kesulitan untuk membuka konten tertentu saat berada di suatu wilayah, bisa jadi akses Anda sedang dibatasi dengan teknologi Geo Blocking. (Baca juga: Pangkalan Rahasia Kapal Selam Nuklir China Ini Momok bagi Laut China Selatan )

Geo Blocking merupakan teknologi yang dimanfaatkan untuk mencegah pengguna mengakses konten dari sebuah situs website atau layanan streaming. Sebab pengguna terdeteksi melakukan log-in dari suatu tempat tertentu.

Teknologi ini umumnya diaplikasikan untuk pembuat konten membatasi akses ke area tertentu karena terkait hak cipta, lisensi, atau mencegah pengunduhan konten ilegal atau bajakan. Selain itu, penyedia layanan membagi wilayahnya menjadi beberapa segmen untuk membuat kontennya hanya tersedia di lokasi tertentu, dan vendor menawarkan layanan dan produk mereka dengan harga yang lebih tinggi (atau lebih rendah) di beberapa lokasi.

Cara Kerja Geo-Blocking
Setiap komputer dan perangkat internet memiliki alamat IP yang sifatnya unik. Penyedia layanan internet memberikan alamat IP tersebut ketika layanan mulai dimanfaatkan.

Alamat IP adalah lokasi pengguna yang dapat dilacak dan dimonitor. Saat pengguna masuk ke situs web, server menerima alamat IP tersebut sehingga dapat mengirim datanya ke pengguna.

Hal ini bisa memudahkan pelacakan, seperti saat dilakukan siaran streaming Netflix. Netflix dapat memutuskan apakah orang yang masuk ke layanan mereka dapat diizinkan untuk menerima konten dengan melihat lokasi dari alamat IP. Jika pengguna dengan alamat IP di AS mencoba masuk ke BBC iPlayer, maka pengguna tersebut bisa saja diblokir —bahkan hal ini bisa juga menimpa pengguna warga negara Inggris yang bepergian ke luar negeri.

Mengapa Situs Streaming Gunakan Geo-Blocking?
Dalam dunia industri hiburan, waktu adalah segalanya. Produser film Hollywood misalnya, merilis film mereka pada satu pasar sekaligus demi mendapatkan pengaruh yang kuat dalam kampanye pemasaran mereka.

Demikian juga, situs streaming populer seperti Netflix. Mereka harus mengikuti jejak produsen besar untuk menjaga layanan mereka agar sejalan dengan masalah pembatasan hak cipta dan lisensi.

Pemerintah Gunakan Geo-Blocking untuk Sensor Net
Beberapa sistem pemerintah otoriter memberlakukan pencegahan pada warganya untuk mengakses situs web yang dinilai subversif. Negara-negara otoriter seperti China memandang konten tersebut sebagai tantangan terhadap aturan yang diberlakukan satu partai berkuasa.

Sensor internet terkenal lainnya juga dilakukan pemerintah Iran, yang baru-baru ini memblokir akses internet 80 juta orang selama masa kerusuhan politik .
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)