Masa Depan YouTube di Rusia Suram, Kecepatannya Berkurang Drastis

Minggu, 28 Juli 2024 - 09:00 WIB
loading...
Masa Depan YouTube di...
YouTube secara konsisten menghapus saluran tokoh-tokoh publik Rusia, termasuk blogger, jurnalis, dan seniman. Foto/Russian Today
A A A
JAKARTA - Kecepatan pemuatan platform hosting video YouTube di Rusia akan dikurangi hingga 70 persen mulai minggu depan.

"Kecepatan YouTube di komputer desktop di Rusia mungkin akan menurun sekitar 40 persen pada akhir minggu ini dan hingga 70 persen minggu depan," kata Aleksandr Khinshtein, ketua Komite Kebijakan Informasi Duma Negara atau majelis rendah Majelis Federasi Rusia dilansir dari Russia Today, Minggu (28/7/2024).

Dalam sebuah unggahan di Telegram, Khinshtein menunjukkan bahwa langkah ini diambil sebagai tanggapan terhadap kebijakan anti-Rusia platform hosting video AS tersebut. YouTube secara konsisten menghapus saluran tokoh-tokoh publik Rusia, termasuk blogger, jurnalis, dan seniman, yang posisinya berbeda dari yang diterima di Barat.

"‘Degradasi’ YouTube adalah langkah yang diperlukan, tidak ditujukan terhadap pengguna Rusia, tetapi terhadap administrasi sumber daya asing yang masih percaya bahwa mereka dapat melanggar dan mengabaikan undang-undang kita tanpa hukuman," tulis Khinshtein.



Di perangkat seluler, YouTube akan berfungsi seperti biasa. Masa depan layanan YouTube di Rusia tergantung dari ketepatan diplomasi bisnisnya.

"Jika administrasi platform tidak mengubah kebijakannya dan tidak mulai mematuhi undang-undang kita, mereka tidak dapat mengharapkan hal yang baik di sini," tulis Khinshtein.

Pengguna YouTube mengeluhkan bahwa layanan hosting video populer ini menjadi kurang nyaman. Hal ini ditengarai terkait masalah teknis server Google, perusahaan induk di negara tersebut.



Penyedia internet terbesar Rusia, Rostelecom menginformasikan sebelumnya bahwa perangkat keras tersebut belum diperbarui selama lebih dari dua tahun setelah raksasa teknologi tersebut membatasi kehadirannya di Rusia menyusul pecahnya konflik Ukraina.

Rostelecom telah mencatat penurunan dalam pengunggahan video ke YouTube minggu ini. Anggota parlemen Rusia mengklaim platform hosting video alternatif seperti RuTube dan VK Video kini berkembang sangat aktif.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2511 seconds (0.1#10.140)