Rusia Sebut YouTube Ancaman Terbesar bagi Negara

Selasa, 14 November 2023 - 17:45 WIB
loading...
Rusia Sebut YouTube Ancaman Terbesar bagi Negara
Rusia anggap YouTube sebagai ancaman terbesar negara. FOTO/ DAILY
A A A
BEIJING - Pemerintah Rusia memiliki kontrol yang ketat atas media tradisional di negara tersebut. Media-media tersebut diwajibkan untuk mempromosikan kebijakan pemerintah dan menyebarkan propaganda.



Namun, YouTube tidak berada di bawah kendali pemerintah Rusia. Platform ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah dan menonton video apa pun, termasuk video yang kritis terhadap pemerintah.

Pemerintah Rusia khawatir bahwa video-video YouTube ini dapat merusak persatuan elit politik. Elite politik Rusia terdiri dari berbagai kelompok dengan kepentingan yang berbeda-beda. Video-video YouTube yang kritis terhadap pemerintah dapat memperburuk perbedaan-perbedaan ini dan melemahkan persatuan elit politik.

Berikut adalah beberapa contoh video YouTube yang dapat dianggap sebagai ancaman bagi pemerintah Rusia:

Video-video yang menyoroti korupsi dan ketidakefisienan pemerintah Rusia, video-video yang mengkritik perang Rusia di Ukraina, dan video-video yang mempromosikan demokrasi dan hak asasi manusia.

Pemerintah Rusia telah mengambil langkah-langkah untuk membatasi akses ke YouTube di Rusia. Pada bulan Maret 2022, pemerintah Rusia memblokir YouTube di Rusia. Namun, pengguna Rusia masih dapat mengakses YouTube melalui VPN.

Pemerintah Rusia juga telah mencoba untuk mengontrol konten YouTube yang tersedia di Rusia.
Pada bulan April 2022, pemerintah Rusia meluncurkan platform videonya sendiri yang disebut "RuTube". Platform ini dirancang untuk bersaing dengan YouTube dan mempromosikan konten yang mendukung pemerintah.

Namun, hingga saat ini, upaya pemerintah Rusia untuk membatasi YouTube belum berhasil. YouTube tetap menjadi platform yang populer di Rusia dan terus digunakan untuk menyebarkan informasi yang kritis terhadap pemerintah.

Tentu saja, tidak semua video YouTube yang kritis terhadap pemerintah Rusia akan berdampak negatif terhadap persatuan elit politik. Namun, video-video yang populer dan berpengaruh dapat memiliki dampak yang signifikan.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)
pixels