Begini Cara Telkom Tingkatkan Kompetensi Guru di Era Digital

Selasa, 09 Juli 2024 - 10:03 WIB
loading...
Begini Cara Telkom Tingkatkan Kompetensi Guru di Era Digital
Indibiz, ekosistem solusi digital PT Telkom Indonesia, memberi perhatian khusus kepada para guru di Jawa Barat. Foto: Indibiz
A A A
JAWA BARAT - Indibiz, ekosistem solusi digital PT Telkom Indonesia (Persero), punya cara jitu untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Yakni, melalui program Indonesia Digital Learning (IDL).

Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi digital demi menciptakan pembelajaran lebih efektif dan inovatif, terutama dalam menghadapi era digital yang semakin maju.

Pelatihan Digital Pedagogik untuk Implementasi Kurikulum Merdeka

Sebanyak 550 guru dari seluruh Jawa Barat berpartisipasi dalam pelatihan digital pedagogik yang digelar di Universitas Pendidikan Indonesia di Gedung Achmad Sanusi, Universitas Pendidikan Indonesia pada 4-5 Juli 2024 silam. Dengan tema "Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Pembelajaran Berkualitas dalam Implementasi Kurikulum Merdeka", pelatihan ini memberikan bekal bagi para guru untuk mengintegrasikan teknologi digital ke dalam proses pembelajaran.

“Tenaga pendidik dan siswa didik di Jawa Barat memiliki potensi sangat besar. Kami harap melalui pelatihan digital pedagogik ini akan meningkatkan kapabilitas tenaga pendidik dalam implementasi kurikulum merdeka dan semakin menyesuaikan dengan perkembangan teknologi serta kebutuhan industri,” beber Saiful Hidajat, Executive Vice President Telkom Jawa Barat

Kompetisi IoT dan Video Digitalisasi Pendidikan

Selain pelatihan, IDL juga menyelenggarakan kompetisi IoT Prototype Competition dan Kompetisi Video Digitalisasi Pendidikan. Kompetisi ini diikuti oleh puluhan SMA/SMK di Jawa Barat dan bertujuan untuk mendorong kreativitas siswa dalam memanfaatkan teknologi untuk menciptakan solusi nyata bagi masyarakat.

“Karena teknologi juga dapat menjadi fasilitas untuk menyempurnakan pendidikan saat ini. Saat ini siswa bisa belajar dari mana saja, apalagi dengan adanya kurikulum merdeka mungkin kedepannya bahkan tidak terbatas hanya di ruang-ruang kelas dansemakin luas,” tutur Eddy Purwanto, Plt. Sekretaris Dinas Pendidikan Jawa Barat.



Hery Susanto, Senior General Manager Social Responsibility Telkom Indonesia, menyebut lewat Indonesia Digital Learning, Telkom berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan mempersiapkan guru-guru sebagai talenta digital yang mampu menghadapi tantangandieradigital.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1896 seconds (0.1#10.140)