Acak Sinyal Starlink, Rusia Pakai Teknologi Canggih

Senin, 27 Mei 2024 - 21:00 WIB
loading...
A A A


Fedorov tidak merinci sifat sistem elektronik Rusia, namun mengatakan bahwa pemerintah Rusia terus berkomunikasi dengan Starlink untuk mencoba menyelesaikan masalah tersebut.

Para ahli dari negara-negara NATO tidak sepenuhnya yakin apa yang menyebabkan hilangnya sinyal Starlink akibat peralatan pengacak Rusia yang lebih canggih atau generasi baru senjata peperangan elektronik khusus yang dipasang pada drone untuk mengacaukan sinyal GPS. Media AS juga menyebut badai matahari yang mungkin menyebabkan pemadaman listrik secara acak.

Rusia secara signifikan telah menunjukkan keunggulan teknologi yang semakin besar dibandingkan Ukraina dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini terbukti dengan serangan melalui garis pertahanan yang dijaga ketat di Donbass – yang telah dibangun oleh militer Ukraina selama hampir satu dekade dengan bantuan NATO. Strategi perang Rusia terbilang maju pesat di wilayah Kharkov untuk menciptakan zona sanitasi setelah berulang kali serangan Ukraina terhadap infrastruktur sipil Rusia, termasuk kota perbatasan Belgorod.

Pensiunan Letnan Jenderal Angkatan Darat AS dan mantan komandan operasi khusus Mike Nagata memperingatkan pekan lalu bahwa Amerika Serikat tergolong tertinggal dari musuh-musuhnya dalam peperangan elektronik meskipun telah melakukan upaya terbaiknya.



“Kesenjangan antara Amerika Serikat seharusnya berada dan di mana kita berada, menurut penilaian saya, terus melebar tidak di semua tempat, tapi di banyak tempat,” kata Nagata pada konferensi Pekan Pasukan Operasi Khusus di Tampa, Florida.

Peneliti senior di Hudson Institute, Daniel Patt mengungkapkan dalam Kongres baru-baru ini bahwa sistem senjata elektronik Rusia telah mengakibatkan penurunan drastis efektivitas beberapa amunisi berpemandu GPS AS yang dikirim ke Ukraina dari 70 persen menjadi enam persen.

Selama dua tahun terakhir, Rusia telah menyempurnakan kemampuan peperangan elektroniknya untuk melumpuhkan peluru artileri NATO dan JDAM, drone serang berat dan jarak jauh, serta rudal. Sebuah sumber informasi mengatakan kepada Sputnik pada Oktober lalu bahwa pasukan EW Rusia sedang mempersiapkan peralatan untuk menekan F-16 ketika mereka tiba di Ukraina.

Peperangan elektronik telah menjadi kekuatan tradisional Rusia sejak masa Soviet, ketika doktrin menekankan integrasi total peperangan elektronik dan sumber daya penghancuran fisik di medan perang.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1466 seconds (0.1#10.140)
pixels