Gerhana Matahari Total, Sinyal Jutaan Ponsel Terancam Terganggu

Kamis, 21 Maret 2024 - 14:00 WIB
loading...
Gerhana Matahari Total, Sinyal Jutaan Ponsel Terancam Terganggu
Jutaan wisatawan diperkirakan akan membanjiri lokasi gerhana matahari total. (Foto: NASA)
A A A
JAKARTA - Jutaan wisatawan diperkirakan akan membanjiri lokasi gerhana matahari total pada 8 April 2024 mendatang. Para ahli memperingatkan bahwa lonjakan pengunjung ini dapat mengganggu jaringan seluler.

Dailymail melansir, Kamis (21/3/2024) diperkirakan satu juta orang akan pergi ke Texas, 500 ribu orang ke Ohio, dan hampir 400 ribu orang menuju Arkansas untuk menyaksikan gerhana matahari total. Hal ini membuat para pejabat negara bagian tersebut khawatir peningkatan permintaan ini dapat memicu keterlambatan koneksi atau panggilan yang terputus.

Untuk mengatasinya, provider T-Mobile mengerahkan titik seluler tambahan yang akan disiagakan di area lokasi pemantauan gerhana dengan perkiraan lalu lintas turis tinggi.

Sebagai gambaran, jika sebuah kota kecil di Ohio kedatangan 250 ribu pengunjung, Verizon memasang menara portabel menjelang peristiwa kosmik tersebut.



"Sinyal ponsel akan sangat, sangat buruk. Akan ada banyak masalah dengan konektivitas dan hal-hal semacam itu," kata Direktur Richland County Emergency Management Authority (EMA) Rebecca Owensm.

Sementara juru bicara T-Mobile Ulf Ewaldsson menyatakan siap menjaga kualitas jaringannya selama peristiwa gerhana. "Tim darurat kami bekerja sama dengan pejabat negara bagian dan lokal di seluruh negeri untuk memberikan dukungan tambahan jika diperlukan untuk pertemuan besar," katanya.

Gerhana matahari total terjadi ketika bulan sepenuhnya menutupi permukaan matahari, membuat suasana di luar ruangan menjadi gelap sejenak di siang hari. Pemandangan spektakuler ini akan terlihat oleh sekitar 32 juta orang di sepanjang jalur sempit melalui Amerika Utara dan Tengah.

Peristiwa ini akan menjadi gerhana matahari total pertama yang terlihat di mana saja di dunia sejak Desember 2021, dan yang pertama terlihat dari AS sejak Agustus 2017. Durasi gerhana total diperkirakan akan terlihat selama sekitar empat menit.

Namun, gerhana matahari itu sendiri tidak akan mengganggu layanan seluler - lonjakan pengunjung di area tersebut yang menjadi kekhawatiran para pejabat negara bagian. AT&T menganalisis lalu lintas jaringan selama gerhana 2017 di AS, dan menemukan lonjakan aktivitas SMS lebih dari dua kali lipat selama 24 jam jalur totalitas gerhana dibandingkan hari Senin sebelumnya. Data menunjukkan peningkatan 40 persen dalam pesan teks dan peningkatan 15 persen dalam panggilan suara dalam 24 jam tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2325 seconds (0.1#10.140)