Developers Google Play x Unity, Wujudkan Impian Developer Aplikasi

Rabu, 13 Maret 2024 - 17:39 WIB
loading...
Developers Google Play x  Unity,  Wujudkan Impian Developer Aplikasi
Developers Google Play x Unity dorong developer aplikasi wujudkan impiannya.
A A A
JAKARTA - Ekonomi digital Indonesia sekarang sedang berkembang dengan pesat, didukung oleh lebih dari 212 juta pengguna internet dan ekonomi digital yang diproyeksikan mencapai GMV sebesar USD 130 miliar pada tahun 2025.

Salah satu kunci dari pertumbuhan ini adalah app developers lokal, sebagai pendorong utama inovasi dan perekonomian. Peran penting Google Play dalam ekosistem digital ini membuat app developers Indonesia menghasilkan pendapatan yang signifikan yakni lebih dari Rp1,5 triliun pada tahun 2022, baik dari pasar domestik maupun internasional.

Dalam lanskap digital Indonesia yang berkembang pesat, Google telah muncul sebagai katalis pertumbuhan, memberdayakan app developers lokal untuk membuat kemajuan signifikan di pasar aplikasi.

Komitmen untuk membina talenta ini diwujudkan dalam inisiatif seperti Pelatihan app developers Play x Unity, sebuah program yang dirancang untuk membuka potensi calon developers.

Kisah Risky Firmansyah adalah bukti upaya yang menggambarkan bagaimana tekad, pembelajaran mandiri, dan akses ke sumberdaya Google yang dapat mengubah novice coder pemula menjadi developers terampil, yang siap berkontribusi pada ekonomi digital Indonesia.

Perjalanan Risky dari novice coder pemula hingga menjadi app developers terampil didorong oleh partisipasinya dalam Play X Unity Developer Training dari Google Play. Ini sebuah inisiatif yang bertujuan untuk membina bakat dan mendorong inovasi dalam industri app developers.

Risky berkomentar, "Saya didorong oleh keinginan kuat untuk belajar dantekad untuk memahami kompleksitas pemrograman. Melalui studi mandiri, saya mengasah keterampilan saya. Perjalanan ini dimungkinkan oleh komitmen Google untuk membina bakat dan mendorong inovasi di bidang industri app developers. Google Play menyediakan platform yang memungkinkan saya, dan banyak app developers lokal lainnya untuk benar-benar bersinar," Ungkap Risky.

Berkaca pada pengalamannya mengikuti program pelatihan, Risky Firmansyah menekankan wawasan berharga yang diperolehnya dari para mentor dan pakar industri. Kesempatan untuk terhubung dengan beragam jaringan profesional terbukti berperan penting dalam memperluas wawasannya dan mendorong ambisinya untuk mendirikan developers studio game miliknya sendiri. Program ini dirancang dengan cermat untuk mengakomodasi individu dengan berbagai tingkat keahlian, mendorong pengembanganpribadi dan rasa persahabatan di antara para peserta.

Visi kreatif Risky menjadi kenyataan dengan terciptanya game debutnya, "Casual Traffic", sebuah pengalaman imersif yang dirancang untuk menangkap esensi kemacetan lalu lintas yang terkenal di Jakarta. Mengambil inspirasi dari jalanan kota yang ramai, Risky menciptakan pengalaman gameplay yang sesuai dengan para pemain, menawarkan perpaduan unik antara tantangan dan pelarian.

“Saya ingin menyampaikan dan berbagi kekesalan dalam menghadapi kekacauan lalu lintas Jakarta. Di sisi lain, saya ingin membangun level yang unik dan memorable, untuk menyampaikan bahwa bersamaan rasa frustasi dari kemacetan, dalam kemacetan tersebut kita sedang membangun kenangan penting dari perjuangan hidup dan mimpi kita. Dengan menggunakan grafik low poly untuk membangun jaringan jalan dan kota, serta, timer bar sebagai indikator kesabaran tiap mobil, untuk memberi sinyal lalu lintas yang padat di dalam game, yang secara kreatif mewakili kemacetan di kehidupan nyata. Alur lalu lintas juga berjalan secara acak di setiap awal permainan. Hal ini menambahkan elemen realisme ke dalam game, memungkinkan pemain untuk membenamkan diri dalam lingkungan kota yang dinamis," Ujar Risky.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3886 seconds (0.1#10.140)