Elon Musk Gugat OpenAI dan Sam Altman, Perkara Apa?

Sabtu, 02 Maret 2024 - 16:29 WIB
loading...
A A A


Pada tahun yang sama, OpenAI mengajukan dokumen untuk menggabungkan badan usaha berorientasi profit dan mulai memindahkan sebagian besar tenaga kerjanya ke bisnis tersebut, tetapi tetap memiliki dewan direktur nirlaba yang mengatur perusahaan.

Microsoft melakukan investasi pertamanya sebesar USD1 miliar dalam perusahaan tersebut pada tahun 2019 dan tahun berikutnya, menandatangani perjanjian yang memberikan hak eksklusif atas model-model kecerdasan buatannya. Lisensi tersebut seharusnya berakhir ketika OpenAI telah mencapai kecerdasan buatan umum.

Kehadiran ChatGPT pada akhir 2022 membawa ketenaran bagi OpenAI dan memicu perlombaan pengembangan teknologi AI generatif. Ketika dewan nirlaba tiba-tiba memecat Sam Altman sebagai CEO akhir tahun lalu, Microsoft membantu Altman kembali sebagai CEO dan memicu kebanyakan dewan lama mengundurkan diri. Gugatan Musk mengklaim bahwa perubahan-perubahan tersebut menyebabkan mekanisme pemeriksaan dan keseimbangan yang melindungi misi nirlaba perusahaan "runtuh dalam semalam."

Salah satu klaim Musk adalah bahwa direktur-direktur nirlaba gagal memenuhi kewajiban untuk mengikuti misi perusahaan. Namun Dana Brakman Reiser, profesor di Brooklyn Law School, meragukan bahwa Musk memiliki legal standing untuk membawa klaim tersebut.



"Akan sangat mengkhawatirkan jika setiap orang yang peduli atau menyumbang ke sebuah lembaga amal tiba-tiba bisa menggugat direktur dan petugas eksekutif untuk mengatakan, 'Kamu tidak melakukan apa yang saya pikir benar untuk menjalankan nirlaba ini'. Secara umum, hanya direktur lain atau jaksa agung, yang bisa membawa jenis gugatan tersebut," katanya.

Meskipun Musk berinvestasi dalam bisnis berorientasi profit, keluhannya tampaknya adalah bahwa OpenAI menghasilkan terlalu banyak keuntungan yang bertentangan dengan misi awalnya, membuat teknologi tersedia untuk publik.

Terlepas dari berbagai pendapat di atas, pertarungan di pengadilan antara Musk dan Altman akan memberikan pandangan ke publik tentang mekanisme pengambilan keputusan di OpenAI, meskipun pengacara perusahaan kemungkinan akan berjuang mati-matian menjaga hal tersebut sebagai rahasia. "Penemuan itu akan epik," tulis investor ventura Chamath Palihapitiya di X. Musk menjawab dalam satu-satunya komentar publiknya sejauh ini tentang kasus ini: "Ya."
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1884 seconds (0.1#10.140)