Bisa Jadi Bumerang, Ini Bahaya Menggunakan Social Spy di WhatsApp

Sabtu, 24 Februari 2024 - 21:40 WIB
loading...
Bisa Jadi Bumerang, Ini Bahaya Menggunakan Social Spy di WhatsApp
Social Spy adalah aplikasi pihak ketiga yang diklaim dapat melacak aktivitas WhatsApp orang lain. (Foto: The Verge)
A A A
JAKARTA - Di balik tawaran menggiurkan aplikasi alat sadap Social Spy di WhatsApp banyak bahaya yang mengintai. Mulai dari pencurian data pribadi, virus dan malware, penipuan hingga gangguan mental.

Social Spy adalah aplikasi pihak ketiga yang diklaim dapat melacak aktivitas WhatsApp orang lain, seperti menyadap isi pesan seseorang, mengetahui dengan siapa seseorang berbicara, melihat status WhatsApp, hingga melacak lokasi seseorang.

Namun, segala tawaran menggiurkan ini bisa berbalik menjadi bumerang. Sebab aplikasi Social Spy terbukti mengandung bahaya bagi penggunanya. Berikut deretan bahaya menggunakan Social Spy WhatsApp dilansir dari berbagai sumber:


1. Pencurian Data Pribadi


Pengguna Social Spy WhatsApp biasanya harus mengunduh beberapa aplikasi untuk verifikasi. Penginstalan aplikasi ini bisa mendatangkan kerugian bagi pengguna yang tidak hati-hati. Pengguna juga biasanya akan diminta mengisi beberapa survei dengan memasukkan data-data pribadi seperti nama, alamat, nomor telepon, dan bahkan informasi bank. Di sini sangat terbuka potensi pencurian data pribadi.

2. Virus dan Malware


Aplikasi Social Spy seringkali mengandung virus dan malware yang dapat merusak perangkat dan mencuri data pengguna. Modus yang dipakai biasanya Social Spy akan menampilkan banyak perintah yang tidak jelas. Tidak menutup kemungkinan saat itu perangkat akan disusupi malware.

3. Penipuan


Pengguna Social Spy di WhatsApp juga berpotensi menjadi korban penipuan karena dapat diretas oleh pengguna ponsel lainnya. Banyak orang yang menggunakan Social Spy adalah penipu yang ingin menjebak orang lain dengan janji-janji palsu. Tujuannya untuk mendapatkan uang atau informasi pribadi.

4. Pelanggaran Privasi


Social Spy memungkinkan untuk melacak aktivitas WhatsApp seseorang tanpa sepengetahuan dan izin. Hal ini merupakan pelanggaran privasi dan dapat berimplikasi tuntutan hukum. Melacak aktivitas orang lain tanpa sepengetahuan juga tindakan yang tidak etis.


5. Pemblokiran Akun WhatsApp


WhatsApp melarang penggunaan aplikasi pihak ketiga seperti Social Spy. Jika ketahuan menggunakannya, akun WhatsApp pengguna dapat diblokir.

6. Gangguan Mental


Terobsesi dengan melacak aktivitas orang lain di WhatsApp dapat menyebabkan masalah gangguan mental seperti kecemasan, paranoid, dan depresi.

7. Ketergantungan


Social Spy dapat membuat seseorang kecanduan dan menghabiskan waktu berjam-jam untuk melacak orang lain. Hal ini dapat mengganggu kehidupan pribadi dan aktivitas penggunanya.

8. Merusak Hubungan


Penggunaan Social Spy dapat merusak hubungan dengan teman, keluarga, dan pasangan.

9. Ketidakakuratan


Informasi yang diperoleh dari Social Spy tidak selalu akurat. Hal ini dapat menyebabkan kesalahpahaman dan masalah-masalah lainnya.

Demikian deretan bahaya menggunakan Social Spy di WhatsApp. Sebaiknya hal ini dihindari karena lebih banyak mudarat ketimbang manfaatnya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1761 seconds (0.1#10.140)