China Ciptakan Tong Tong, Bocah AI Pertama di Dunia

Jum'at, 09 Februari 2024 - 18:00 WIB
loading...
China Ciptakan Tong Tong, Bocah AI Pertama di Dunia
Meski Tong Tong memiliki perilaku seperti balita, namun ia memiliki kemampuan mengingat luar biasa. (Foto: BIGAI)
A A A
JAKARTA - Para ilmuwan China menciptakan model bocah kecerdasan buatan (AI) pertama di dunia. Robot yang diberi nama Tong Tong ini diklaim memiliki perilaku dan kemampuan emosional seperti manusia berusia tiga atau empat tahun.

Sebagaimana dihimpun dari Metro, Jumat (9/2/2024), model AI tersebut diciptakan oleh Institut Kecerdasan Buatan Umum Beijing (BIGAI).

Meski Tong Tong memiliki perilaku seperti balita, namun ia memiliki kemampuan mengingat yang luar biasa. BIGAI berpendapat melalui interaksi manusia lebih lanjut, Tong Tong dapat terus mengembangkan keterampilan dan pengetahuannya.

Ia juga punya kemampuan menafsirkan emosi manusia bahkan mencakup kemampuan mengidentifikasi dan mengkomunikasikan perasaan seperti kebahagiaan, kemarahan, dan kesedihan serta bereaksi secara tepat terhadap keadaan emosi orang lain.



Tong Tong diperkenalkan di Frontiers of General Artificial Intelligence Technology di Beijing bulan lalu. Pengunjung dapat berinteraksi dengan Tong Tong, dan menyaksikannya kehebatannya sebagai bocah AI pertama di dunia.



"Tong Tong memiliki pikiran dan berusaha memahami akal sehat yang diajarkan oleh manusia. Dia mampu membedakan mana yang benar dan mana yang salah, mengekspresikan sikapnya dalam berbagai situasi, dan memiliki kekuatan untuk membentuk masa depan," kata para ilmuwan.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2763 seconds (0.1#10.140)
pixels