Lagu Taylor Swift Hilang dari TikTok, Kok Bisa?

Jum'at, 02 Februari 2024 - 19:17 WIB
loading...
Lagu Taylor Swift Hilang dari TikTok, Kok Bisa?
Lagu-lagu Taylor Swift tiba-tiba hilang dari TikTok dan tidak lagi bisa digunakan penggemar mereka. Foto: Reuters
A A A
JAKARTA - Katalog lagu milik Taylor Swift tidak bisa ditemukan di TikTok. Ini terjadi setelah Universal Music Group (UMG) mencabut lagu-lagu hits dari penyanyi wanita peraih Grammy Award itu dari platform.

Dengan begitu, para pengguna tidak bisa lagi memakai lagu Taylor Swift untuk konten video mereka. Hal tersebut tentu bukan lah sesuatu yang mudah, terutama bagi mereka para fans berat yang kerap menyematkan lagu-lagu Taylor Swift di kontennya.

Banyak pihak yang menyebut bahwa penghilangan lagu Taylor Swift merupakan langkah ekstrim yang berpotensi merugikan UMG, mengingat TikTok adalah platform pemasaran yang berharga bagi para artisnya.

Namun, UMG nekad melakukannya lantaran merasa memiliki pengaruh yang cukup besar, tentunya karena UMG sendiri merupakan label rekaman terbesar di dunia dengan sederet artis papan atas di dalamnya.

Apa pun yang terjadi, ini merupakan pukulan telak yang justru berdampak bagi para pengguna TikTok. Terlebih ini juga sebenarnya berlaku juga untuk artis-artis lain termasuk Drake, Billie Eilish, The Weeknd, dan banyak lagi.

Melansir Engadget, Jumat (2/2/2024), UMG sebelumnya menyatakan bahwa TikTok ingin membayar sebagian kecil dari royalti yang dibayarkan oleh situs media sosial lainnya, namun sampai saat ini belum ada realisasi.



"Saat negosiasi kami berlanjut, TikTok berusaha untuk menindas kami agar menerima kesepakatan yang nilainya lebih rendah dari kesepakatan sebelumnya, jauh lebih rendah dari nilai pasar yang adil, tidak mencerminkan pertumbuhan eksponensialnya," kata UMG.

Sebagai tanggapan, TikTok mengatakan bahwa UMG telah menyia-nyiakan alat promosi yang sangat berharga bagi para artis. Yang diklaim TikTok memiliki lebih dari satu miliar pengguna sebagai targetpendengar.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1671 seconds (0.1#10.140)