Influencer AI Mulai Merambah Instagram, Dibayar USD1.000 Per Postingan

Minggu, 31 Desember 2023 - 08:28 WIB
loading...
A A A
Menanggapi tren ini, beberapa human influencer telah menyatakan kekhawatirannya bahwa AI influencer yang hadir sebagai pesaing akan dianggap sebagai manusia sungguhan. Mengingat sosok yang dihadirkan memiliki kemiripan yang luar biasa dengan manusia sungguhan.

“Yang membuatku takut tentang para influencer ini adalah betapa sulitnya untuk mengatakan bahwa mereka palsu,” kata Danae Mercer, seorang kreator dengan lebih dari 2 juta pengikut di Instagram.
Influencer AI Mulai Merambah Instagram, Dibayar USD1.000 Per Postingan


Meskipun AI mempunyai potensi untuk melakukan pemasaran yang lebih murah, perusahaan-perusahaan di balik influencer AI juga tampaknya bergulat dengan etika dalam kreasi. “Kami secara tidak sengaja menciptakan monster. Monster yang cantik sekali,” kata Núñez dari The Clueless.



Potensi ketegangan antara manusia dan influencer AI adalah contoh lain dari ketakutan yang terus berlanjut bahwa AI akan menggantikan pekerja seiring dengan semakin majunya kemampuan teknologi.

Sebuah studi Goldman Sachs yang diterbitkan awal tahun ini menemukan bahwa AI generatif dapat diterapkan pada lebih dari 300 juta pekerjaan kerah putih di seluruh dunia. Para pekerja telah menggunakan alat AI seperti ChatGPT OpenAI untuk menulis kode, membuat daftar real estat, dan menghasilkan salinan pemasaran.

Namun terlepas dari kekhawatiran akan pergantian pekerjaan, influencer sebenarnya menggunakan teknologi tersebut untuk membantu menyederhanakan pembuatan konten sehari-hari mereka. Dalam laporan bulan Mei, Influencer Marketing Factory mensurvei 660 pembuat konten yang berbasis di AS dan menemukan bahwa 94,5% di antaranya menggunakan AI untuk mengedit konten dan menghasilkan gambar.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2152 seconds (0.1#10.140)