The New York Times Gugat OpenAI dan Microsoft Atas Pelanggaran Hak Cipta Terkait AI

Kamis, 28 Desember 2023 - 09:36 WIB
loading...
The New York Times Gugat OpenAI dan Microsoft Atas Pelanggaran Hak Cipta Terkait AI
Media terkemuka di Amerika Serikat (AS), The New York Times menggugat OpenAI dan Microsoft atas pelanggaran hak cipta terkait pengembangan AI. Foto/imori
A A A
NEW YORK - Media terkemuka di Amerika Serikat (AS), The New York Times menggugat OpenAI dan Microsoft atas pelanggaran hak cipta. The New York Times mengklaim OpenAI dan Microsoft menggunakan jutaan artikelnya tanpa izin untuk melatih ChatGPT.

Ini menjadi babak baru dalam pertarungan mengenai kecerdasan buatan ( Artificial intelligence/AI ) dan pelatihan teknologi AI. Gugatan tersebut, yang diajukan di Pengadilan Distrik Federal di New York City, tidak menyatakan kerugian moneter dari OpenAI atau Microsoft.

“Tindakan ini bertujuan untuk membuat mereka bertanggung jawab atas miliaran dolar kerugian menurut undang-undang dan kerugian aktual yang harus mereka tanggung atas penyalinan dan penggunaan karya-karya berharga The Times yang melanggar hukum,” pernyataan The New York Times dikutip SINDOnews dari laman imore, Kamis (28/12/2023).



Surat kabar tersebut mengklaim bahwa jutaan artikel yang diterbitkan oleh The New York Times digunakan untuk melatih chatbots otomatis yang kini bersaing dengan outlet berita sebagai sumber informasi yang dapat diandalkan.

The New York Times menuding OpenAI dan Microsoft, menggunakan kumpulan data bahasa besar untuk memodelkan dan membuat teks, gambar, dan video dengan cara yang mirip manusia untuk melatih ChatGPT, chatbot AI generatif.

Keluhan tersebut mencatat bahwa The New York Times telah melakukan pembicaraan dengan OpenAI dan Microsoft, namun perselisihan tersebut belum terselesaikan. Berita di The New York Times juga mengatakan bahwa Lindsey Held, juru bicara OpenAI, telah menyatakan bahwa perusahaan tersebut telah “bergerak maju secara konstruktif” dalam percakapan dengan surat kabar tersebut.

Namun, Held dan OpenAI terkejut dan kecewa' dengan tuntutan hukum tersebut. Kejadian ini menjadikan The New York Times menjadi organisasi media besar Amerika pertama yang menuntut perusahaan tersebut (OpenAi dan Microsoft) atas masalah hak cipta yang terkait dengan karya tulisnya.



Salah satu elemen kunci yang menjadi inti perselisihan ini adalah apakah OpenAI dan Microsoft dapat secara legal menggunakan cerita yang diterbitkan oleh New York Times berdasarkan doktrin "Penggunaan Wajar", untuk melatih Chatbots seperti ChatGPT.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)