5 Penemuan Teknologi Keren Perusahaan Elon Musk, Nomor Terakhir Bikin Heboh di Tahun 2023

Minggu, 24 Desember 2023 - 11:05 WIB
loading...
A A A
Probe ini ditanamkan di otak melalui operasi robotik. Meskipun ini mungkin terdengar seperti teknologi yang berpotensi merusak dari film fiksi ilmiah, teknologi ini berpotensi membantu banyak orang. Hal ini karena neuron di otak terhubung ke otot. Bagi penderita kelumpuhan, jalur ini rusak.



Neuralink dapat menjembatani kesenjangan tersebut, memungkinkan pengguna mengendalikan lengan robot, misalnya, menggunakan pikiran mereka. Ini juga dapat mengobati penyakit otak, termasuk epilepsi dan demensia.

Beberapa pihak menyebut peristiwa ketika seseorang yang mengalami kelumpuhan dari dada ke bawah, dengan bantuan pembacaan neuron, berjabat tangan dengan Barack Obama pada tahun 2016 sebagai contoh teknologi yang sudah ada. Meskipun demikian, Neuralink masih dalam tahap pengembangan dan baru-baru ini disetujui untuk pengujian pada manusia.

3. SpaceX Starship

5 Penemuan Teknologi Keren Perusahaan Elon Musk, Nomor Terakhir Bikin Heboh di Tahun 2023

Starship merupakan pesawat luar angkasa dengan potensi besar yang dikembangkan oleh perusahaan SpaceX milik Musk. Starship terdiri dari dua bagian, yaitu roket Super Berat dan pesawat ruang angkasa. Roket ini didukung oleh 33 mesin Raptor yang menggunakan metana cair dan oksigen cair sub-dingin.

Pesawat luar angkasa ini dirancang untuk membawa awak dan kargo. Pesawat ini dapat membawa hingga 150 metrik ton barang yang dapat digunakan kembali dan 250 ton barang yang dapat dibuang.

Keunggulan yang membuat Starship menonjol adalah kemampuan untuk digunakan kembali. Booster memasuki kembali atmosfer bumi setelah terlepas dan dapat mendarat kembali di lokasi peluncuran. Secara teoritis, Anda bisa pergi ke mana pun di dunia dalam waktu satu jam atau kurang tanpa harus membeli roket baru setiap saat.



Starship dirancang untuk membawa hingga 100 orang ke tujuan di dalam galaksi kita, termasuk Mars. Hal ini juga diharapkan dapat membantu pengembangan pangkalan di bulan untuk misi masa depan ke batu tersebut. Selain itu, starship dapat mengangkut satelit, seperti Starlink, ke luar angkasa.

Uji terbang Starship kedua terjadi bulan lalu. Meskipun ada kendala pada booster Super Heavy yang meledak setelah pemisahan, SpaceX menyebut uji terbang tersebut sebagai "sukses". Dalam jangka panjang, Starship berpotensi mengubah perjalanan luar angkasa dan berpotensi membawa kita jauh ke dalam bintang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3191 seconds (0.1#10.140)