Toshiba Tarik Diri Sepenuhnya dari Pasar Notebook

Senin, 10 Agustus 2020 - 10:27 WIB
loading...
Toshiba Tarik Diri Sepenuhnya dari Pasar Notebook
Notebook memiliki memori 256Kb dan layar 640 Ă— 200 piksel. Sebelum merek seperti ASUS, Dell, Apple, Lenovo, dan Hewlett-Packard memasuki pasar komputer notebook, perusahaan asal Jepang, Toshiba menguasai ceruk ini. Foto/ist
A A A
TOKYO - Toshiba Corporation baru-baru ini mengumumkan akan menggandeng Dynabook Inc. Sementara Sharp mendapatkan 19,9% dari saham yang dikeluarkan nantinya. Setelah menyelesaikan transaksi terkait, Dynabook akan menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Sharp. (Baca juga: Rayakan HUT RI, Sharp Ajak Konsumen Belanja Sambil Berdonasi )

Sebelumnya, Toshiba dan Sharp menandatangani persyaratan perjanjian pembelian saham pada Juni 2018. Toshiba pun mengalokasikan 80,1% dari bisnis notebook-nya (disingkat Toshiba Client Solutions Co., Ltd, TCS, aset yang sepenuhnya dimiliki Toshiba). Sharp mendapatkan sahamnya dan kesepakatan itu berakhir pada Oktober 2018. Jadi sekarang, bisa dikatakan Toshiba secara resmi meninggalkan pasar notebook.

Setelah selesainya transaksi antara Toshiba dan Sharp pada 2018, TCS berganti nama menjadi Dynabook pada Januari 2019. Sesuai perjanjian pengalihan saham saat itu, Sharp menggunakan hak berlangganannya atas sisa saham beredar Dynabook yang dipegang Toshiba pada Juni 2020. Toshiba pun telah menyelesaikan prosedur transfernya.

Merek Toshiba meluncurkan produk laptop konsumen sejak tahun 1985. Produk laptop pertama adalah T1100 (juga laptop pertama di dunia). Peranfkat datang dengan baterai built-in yang dapat diisi ulang, monitor LCD, dan BIOS berbasis Microsoft, berdasarkan pemrosesan Intel 80C88.

Notebook memiliki memori 256Kb dan layar 640 Ă— 200 piksel. Sebelum merek seperti ASUS, Dell, Apple, Lenovo, dan Hewlett-Packard memasuki pasar komputer notebook, perusahaan asal Jepang itu menguasai ceruk ini. Belakangan, setelah merek-merek tersebut masuk ke pasar, pengguna masih mengenali Toshiba untuk produk seri Satellite-nya. Selanjutnya, Toshiba juga meluncurkan produk ultrabook seri Portege.

Namun, dengan merek lain meluncurkan komputer notebook yang lebih tipis dan lebih kuat, ditambah dengan menyusutnya pasar komputer pribadi, Toshiba tidak dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan akhirnya menjadi merek yang kurang populer di pasar notebook.

Mengapa Ini Terjadi?
Pada 2015, dengan terungkapnya skandal 'False Accounting', 8 dari 16 anggota dewan Toshiba mengundurkan diri, termasuk CEO Hisao Tanaka. Selanjutnya, Westinghouse Electric Company, grup teknik nuklir AS yang bangkrut tahun lalu, telah dijual oleh pemiliknya Toshiba kepada manajer aset Kanada Brookfield dalam kesepakatan senilai USD4,6 miliar. Ini mendorong Toshiba ke tepi jurang yang mungkin dihapus dari daftar oleh Bursa Efek Tokyo.

Untuk mengatasi dilema keuangan tersebut, Toshiba telah melakukan serangkaian penjualan unit bisnisnya, termasuk penjualan bisnis TV ke Hisense Group, penjualan bisnis white goods hingga raksasa peralatan rumah tangga China Midea Group. Bain Capital, salah satu perusahaan investasi alternatif multi-aset terkemuka dunia hanya memiliki 40% sahamnya.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1953 seconds (0.1#10.140)