Telegraf Hidraulik Aeneas, Telekomunikasi Zaman Yunani Kuno yang Dianggap Ciptaan Dewa

Minggu, 10 Desember 2023 - 18:07 WIB
loading...
Telegraf Hidraulik Aeneas, Telekomunikasi Zaman Yunani Kuno yang Dianggap Ciptaan Dewa
Artefak, Telegraf Hidraulik Aeneas. FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
ATHENA - Telekomunikasi di Yunani Kuno memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakatnya. Alat-alat telekomunikasi yang digunakan pada masa itu cukup sederhana, tetapi efektif dalam menyampaikan pesan jarak jauh.



Salah telekomunikasi kuno Yunani yakni Telegraf hidraulik Aeneas adalah sistem telekomunikasi yang digunakan di Yunani kuno pada abad ke-4 SM. Sistem ini ditemukan oleh Aeneas Tacticus, seorang penulis militer Yunani.

Seperti dilansir dari IFL Science, Telegraf hidraulik Aeneas terdiri dari serangkaian wadah silinder yang dihubungkan oleh tabung. Wadah-wadah ini terbuat dari tanah liat atau logam dan diisi dengan air. Setiap wadah memiliki pelampung di dalamnya yang dapat naik atau turun tergantung pada ketinggian air.

Untuk mengirim pesan, operator akan mengangkat atau menurunkan pelampung di wadah pertama. Perubahan ketinggian pelampung akan menyebabkan air mengalir ke wadah berikutnya, yang akan menyebabkan pelampung di wadah itu naik atau turun. Proses ini akan berlanjut ke semua wadah dalam sistem.

Pada penerima, operator akan melihat posisi pelampung di wadah terakhir untuk menentukan pesan yang dikirim. Pesan-pesan yang dapat dikirim menggunakan telegraf hidraulik Aeneas termasuk "musuh mendekat", "persediaan habis", atau "kemenangan!".

Telegraf hidraulik Aeneas adalah sistem komunikasi yang sangat efisien untuk zamannya. Sistem ini dapat digunakan untuk mengirimkan pesan jarak jauh dengan cepat dan akurat.

Telegraf hidraulik Aeneas digunakan oleh militer Yunani kuno untuk mengirimkan pesan penting selama pertempuran. Sistem ini juga digunakan untuk mengirimkan pesan komersial dan diplomatik.

Telegraf hidraulik Aeneas adalah salah satu sistem telekomunikasi pertama yang pernah ditemukan. Sistem ini merupakan terobosan penting dalam komunikasi jarak jauh dan merupakan cikal bakal dari sistem telekomunikasi modern.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)