6 Cara Membuat Kamar Sejuk Tanpa AC, Salah Satunya Pakai Kipas Angin

Rabu, 29 November 2023 - 22:06 WIB
loading...
6 Cara Membuat Kamar Sejuk Tanpa AC, Salah Satunya Pakai Kipas Angin
Kipas angin dianggap sebagai solusi praktis untuk mendinginkan ruangan. (Foto: MNC)
A A A
JAKARTA - Cara membuat kamar sejuk tanpa AC sejatinya sangat mudah. Selain meninggikan atap dan memperbesar bukaan jendela, alternatif lainnya menggunakan kipas angin.

Kipas angin dianggap sebagai solusi praktis untuk mendinginkan ruangan. Cukup colokan ke listrik dan Anda dapat langsung merasakan kesejukannya. Bahkan saat ini sudah ada kipas angin hemat energi dan mudah dipindahkan.

Nah, buat yang belum tahu cara mendinginkan ruangan tanpa AC, simak penjelasan berikut ini.

Cara Membuat Kamar Sejuk

1. Pakai Kipas Angin


Untuk Anda yang tidak memiliki AC di kamar tidur dapat memanfaatkan kipas angin. Saat ini, sudah ada kipas angin model terbaru yang dilengkapi dengan pengatur waktu. Sebelumnya, ketahui lebih dulu jenis-jenis kipas angin yang populer digunakan masyarakat. Di antaranya:

- Kipas Angin Plafon
- Kipas Angin Meja
- Kipas Angin Dinding
-.Kipas Angin Hybrid
- Kipas Angin Tower
- Kipas Angin Genggam (Portable Fan).

2. Kurangi Intensitas Cahaya


Hindari menyibak gorden pada siang hari untuk mencegah sinar matahari. Gorden anti tembus pandang dibuat untuk cuaca seperti ini dan akan menghalangi cahaya sambil membiarkan udara masuk. Lampu dan peralatan elektronik pun dapat menghasilkan banyak panas. Jadi, matikan lampu kecuali Anda membutuhkannya.

3. Buka Jendela


Khusus untuk jendela yang menghadap ke utara dan selatan, membuka lebar-lebar hingga angin masuk adalah pilihan yang tepat. Sementara, bila jendela Anda menghadap ke timur dan barat, sesuaikan dengan arah sinar matahari. Pastikan jendela tertutup saat matahari tepat mengarah ke ruangan.

4. Ganti Seprai


Ganti seprai dengan bahan yang lebih ringan dapat membantu menghindari rasa pengap dan berkeringat saat tidur. Sehingga, Anda jauh lebih nyaman dan tidak merasa terperangkap oleh kain kasar yang menempel. Sederhananya, pastikan Anda memiliki seprai khusus untuk cuaca panas

5. Letakkan Tanaman Hias di Kamar tidur


Tanaman hias indoor juga dapat membantu kamar tidur Anda tetap terasa sejuk. Sebab, tanaman dalam ruangan dapat membantu mendinginkan rumah dalam cuaca hangat, karena mengonsumsi udara panas untuk proses alami mereka. Ketika atmosfer memanas, tanaman akan sering melepaskan kelebihan air ke udara dari daunnya untuk mendinginkan diri dan lingkungan sekitarnya. Beberapa tanaman hias yang dapat Anda pilih antara lain rubber plant, lidah mertua, palem dan ficus.

6. Matikan Lampu


Bola lampu, khususnya bohlam pijar mengeluarkan panas. Mematikan lampu membantu membuat kamar tidur terasa lebih dingin. Plus, Anda akan menghemat uang tagihan listrik.

Itulah enam cara membuat kamar sejuk tanpa AC. Dapatkan diskon hingga 49% untuk pembelian kipas angin keren di AladinMall . Nikmati fasilitas Gratis Ongkir dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store .
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)