15 Rekomendasi Smartwatch Terbaik di Tahun 2023, Apa Saja?

Senin, 20 November 2023 - 08:33 WIB
loading...
15 Rekomendasi Smartwatch Terbaik di Tahun 2023, Apa Saja?
Smartwatch adalah jam tangan canggih yang dapat terhubung dengan ponsel. (Foto: Engadget)
A A A
JAKARTA - Beragam smartwatch dengan fitur-fitur unggulan telah hadir di pasaran. Dari sekian perangkat tersebut beberapa di antaranya baru diluncurkan atau sudah lama namun masih layak masuk dalam rekomendasi smartwatch terbaik di tahun 2023.

Secara sederhana, smartwatch adalah jam tangan yang dapat terhubung dengan ponsel dan biasanya dilengkapi dengan layar bawaan serta memiliki kemampuan melacak detak jantung, jumlah langkah, dan fitur-fitur kesehatan lainnya.

Smartwatch juga dibekali fitur pemberitahuan dan asisten digital, sehingga bisa terhubung dengan perangkat rumah pintar dan informasi-informasi dari website lainnya.

Beberapa smartwatch hanya dapat digunakan dengan beberapa jenis ponsel tertentu, sementara lainnya mengambil pendekatan yang sedikit lebih klasik, dengan tampilan jam tangan tradisional dan fitur pelacakan kebugaran pintar di dalamnya.


Berikut rekomendasi smartwatch terbaik di tahun 2023 dirangkum dari berbagai sumber, Senin (20/11/2023).

1.Apple Watch Series 9


Apple Watch telah berkembang menjadi smartwatch paling tangguh sejak diluncurkan pada tahun 2015. Ketika memperkenalkan Apple Watch Series 9 pada bulan September, cara pengguna berinteraksi dengan perangkat tanpa harus menyentuh layar jadi fokus utama. Apple memperkenalkan Double Tap yang didasarkan pada alat aksesibilitas Assistive Touch, memungkinkan pengguna menggunakan gerakan mencubit untuk menavigasi sistem. Jika tidak dapat menggunakan tangan untuk menggeser layar, misalnya, pengguna dapat Double Tap untuk menampilkan Smart Stack atau menolak alarm.

Fitur ini bisa membuat tugas-tugas kecil menjadi lebih mudah, seperti mematikan timer saat memasak atau memulai pelacak latihan saat sudah berlari.

Apple juga membawa pemrosesan Siri ke Series 9, berkat prosesor System-in-Package (SiP) S9 yang baru. Hasilnya, respons menjadi lebih cepat, tetapi, yang lebih penting, dapat menjawab bahkan ketika perangkat sedang offline.

Upgrade terbaru dari seri sebelumnya adalah fitur Find My iPhone baru berkat chip ultra wideband (UWB) generasi kedua, layar yang lebih terang saat siang serta lebih redup pada malam hari, serta antarmuka yang diperbarui melalui watchOS 10.

2. Apple Watch Series 8


Apple Watch Series 8 memiliki desain dan layar ciamik. Smartwatch ini memungkinkan pengguna mengakses semua layanan Apple dan terhubung dengan perangkat Apple lainnya, seperti AirPods.
Apple Watch Series 8 dilengkapi dengan berbagai fitur pelacakan kebugaran, termasuk kemampuan untuk melacak puluhan jenis latihan yang berbeda dan memonitor tidur. Sensor meliputi pemantau detak jantung, sensor EKG, sensor suhu tubuh, sensor oksigen darah, dan lainnya.

Kelemahan Apple Watch Series 8 adalah memerlukan pengisian daya setiap hari dan hanya cocok dengan perangkat Apple. Apple Watch Series 8 hadir dalam dua ukuran - 41mm dan 45mm.


3. Samsung Galaxy Watch6


Samsung Galaxy Watch6 adalah smartwatch terbaik untuk Android. Jam tangan ini menggunakan sistem operasi Wear OS 4, yang merupakan kolaborasi sistem operasi terbaru antara Google dan Samsung. Sistem operasi ini memungkinkan untuk mengakses Google Assistant, mengendalikan perangkat rumah pintar Google Home, dan lainnya.

Dilansir dari USNews, Galaxy Watch 6 kompatibel dengan semua perangkat Android, tetapi ada beberapa fitur khusus Samsung. Untuk mengakses fitur seperti EKG, yang dapat memicu pemberitahuan detak jantung yang tidak normal, pengguna perlu menghubungkan jam tangan dengan ponsel Samsung. Selain itu, meskipun daya pemrosesan perangkat ini cukup baik, pengguna mungkin mengalami keterlambatan perangkat lunak sesekali. Meskipun demikian, dengan desain yang stylish dan berbagai fitur yang lengkap, Samsung Galaxy Watch6 adalah perangkat terbaik untuk pengguna Android.

4. Garmin Fenix 7


Garmin Fenix 7 sangat cocok untuk pengguna yang gemar beraktivitas di luar ruangan. Sebab, baterainya relatif lebih tahan lebih lama ketimbang smartwatch lain. Selain itu, perangkat ini mendukung fitur pelacakan kebugaran yang sangat baik yang terintegrasi dengan ekosistem Garmin. Smartwatch ini juga memiliki fitur hiking yang luar biasa dengan fitur canggih seperti waypoint dan poin-poin menarik.

Kekurangan Garmin Fenix 7 adalah masih menggunakan layar memory-in-pixel, yang berarti tidak memiliki kontras yang sama seperti beberapa perangkat Garmin lainnya. Harganya pun sedikit lebih mahal dibandingkan dengan sebagian besar pesaingnya. Tetapi jika menginginkan jam tangan yang cukup tangguh untuk penggunaan olahraga reguler, maka Garmin Fenix 7 sangat layak dipilih.

5. Mobvoi TicWatch 5 Pro


Mobvoi TicWatch 5 Pro memiliki kelebihan daya tahan baterai yang lama. Smartwatch ini menggunakan teknologi layar ganda untuk menghemat daya baterai, memastikan pengguna dapat menggunakannya selama tiga hari tanpa perlu mengisi daya.

Selain daya baterai yang tahan lama, TicWatch 5 Pro juga tak kalah soal fitur yang melimpah dengan smartwatch lainnya. Perangkat ini menggunakan Wear OS 3 dari Google, sehingga mendapatkan integrasi dengan semua aplikasi dan layanan dari Google serta aplikasi pihak ketiga.

Kekurangan TicWatch 5 Pro adalah pengguna tidak dapat mengakses Google Assistant. Selain itu, tidak ada opsi seluler, artinya jika pengguna menginginkan data di ponsel, maka harus membukanya sendiri di smartphone.

6. Withings ScanWatch 2


Withings ScanWatch 2 tampil seperti jam tangan biasa, namun memiliki fitur pelacakan kebugaran dan dapat menampilkan pemberitahuan, informasi kebugaran, dan lainnya di layar.

Keunggulan perangkat ini adalah benar-benar dirancang untuk pelacakan kebugaran sehari-hari. Tak heran jika ScanWatch 2 memiliki fitur seperti pemantauan detak jantung, pengukuran EKG, pelacakan oksigen darah, pelacakan tidur, dan pelacakan latihan umum.

Semua informasi ini dapat dilihat langsung dari aplikasi Withings, yang juga menampilkan informasi dari timbangan pintar dan perangkat Withings lainnya. Semua ini dikemas dalam desain yang menarik dan tersedia dalam berbagai pilihan warna serta dua ukuran berbeda.

7. Google Pixel Watch 2


Google Pixel Watch 2 memiliki daya tahan baterai yang dapat diandalkan selama 24 jam. Proses pengisian dayanya juga lebih cepat. Smartwatch ini juga dilengkapi dengan prosesor dan fitur keselamatan baru, serta sensor kesehatan multipath, Wear OS 4.

Dilansir dari The Verge, secara umum Galaxy Watch 6 memang masih memberikan pengalaman secara keseluruhan yang lebih baik, tetapi Pixel Watch 2 adalah pilihan yang lebih baik bagi pengguna Android yang tidak menggunakan smartphone Samsung. Hal ini disebabkan oleh ekosistem. Beberapa fitur pada jam tangan Samsung hanya berfungsi dengan ponsel Samsung. Namun, Pixel Watch cocok dengan ponsel Android apa saja.

Pixel Watch 2 juga akan selalu mendapatkan pembaruan terbaru untuk layanan Google seperti Google Maps, Google Wallet, YouTube Music, dan Google Assistant karena, tentu saja, ini adalah smartwatch milik Google. Dengan Pixel Watch 2, Google juga menambahkan Kalender dan Gmail ke daftar aplikasi.


8. Fossil Gen 6


Fossil Gen 6 adalah smartwatch Wear OS yang handal dengan chip Qualcomm Snapdragon Wear 4100 Plus. Smartwatch ini memiliki kompatibilitas dengan Alexa, pembayaran tanpa kontak melalui Google Wallet, dan akses ke toko Google Play untuk aplikasi pihak ketiga seperti Strava dan Spotify.

Pada akhir 2022, Fossil Gen 6 Wellness Edition dirilis dengan fitur kesehatan yang diperkuat meliputi pembacaan SpO2, VO2 Max, pelacakan latihan otomatis, zona detak jantung, pemantauan detak jantung terus-menerus di luar latihan, dan pemantauan tidur yang ditingkatkan. Wellness Edition dilengkapi dengan Wear OS 3 langsung dari kotak dan desain sangat menarik.

9. Amazfit GTR 4


Amazfit GTR 4 dilengkapi dengan GPS dual-band, kompatibel dengan Alexa, dan memiliki daya tahan baterai selama 14 hari. Smartwatch ini juga memiliki harga terjangkau, sekitar USD199,99.

Tidak hanya memiliki tampilan klasik, smartwatch ini juga mampu membuat rute GPS sendiri serta melacak 150 olahraga dan memiliki pemantauan detak jantung terus-menerus sepanjang hari.

Dengan perangkat ini pengguna juga dapat memantau tingkat stres, tidur, dan kadar SpO2 serta melakukan panggilan dari pergelangan tangan. Amazfit GTR 4 dilengkapi dengan dua asisten digital, Alexa dan asisten offline milik Amazfit. Perangkat ini juga dapat disinkronkan dengan Strava dan Adidas Running.

10. Fitbit Versa 2


Fitbit Versa 2 merupakan smartwatch dengan harga terjangkau terbaik dengan banderol di bawah USD200. Meskipun Fitbit telah meluncurkan Versa 3 dan 4, Versa 2 tetap menjadi jam tangan favorit karena menawarkan berbagai fitur dengan harga menarik.

Fitur penting yang ditawarkan di antaranya, pelacakan latihan, pelacakan tidur, ketahanan air, GPS terhubung, pelacakan oksigen darah (SpO2), dan daya tahan baterai selama enam hari. Perangkat ini juga dilengkapi Fitbit Pay menggunakan NFC dengan Amazon Alexa sebagai asisten suara.

11. Apple Watch Ultra 2


Apple Watch Ultra 2 memiliki banyak fitur tambahan seperti perlindungan untuk melacak penyelaman, GPS yang lebih akurat, dan baterai terbesar dari semua Apple Watch hingga saat ini. Apple merancangnya untuk kebutuhan khusus, tetapi untuk orang biasa banyak fitur di luar kebutuhan.

12. Apple Watch SE


Apple Watch SE memiliki fitur yang lebih sedikit daripada model premium, tetapi mencukupi untuk kebanyakan orang. Apple Watch SE layak jadi pilihan smartwatch terbaik untuk pembeli pertama kali atau low budjet.

Pengguna akan mendapatkan semua fitur inti Apple Watch serta fitur-fitur seperti deteksi jatuh dan tabrakan, pemantauan kebisingan, dan Emergency SOS. Namun fitur perangkat keras yang lebih canggih seperti tampilan selalu aktif, sensor oksigen darah, pemantau EKG, dan sensor suhu kulit, belum memadai.

13. Garmin Forerunner 745


Garmin Forerunner 745 adalah jam tangan lari GPS yang sangat baik untuk atlet atau mereka yang mengutamakan daya tahan baterai di atas segalanya. Jam tangan ini memberikan pelacakan jarak yang akurat, daya tahan baterai yang luar biasa selama 16 jam dengan GPS aktif (hingga tujuh hari tanpa GPS) dan dukungan penyimpanan musik serta Garmin Pay di dalamnya.

14. ASUS VivoWatch 5


ASUS VivoWatch 5 menawarkan fitur pelacakan kesehatan yang mengesankan, tahan air, dan memiliki fungsionalitas asisten pintar yang nyaman, dengan daya tahan baterai 14 hari.
Dilansir dari laman Time.com, teknologi kesehatan dan kebugaran smartwatch ini meliputi pelacakan oksigen darah, pemantauan suhu kulit, GPS, dan penunjuk detak jantung aerobik. VivoWatch 5 juga memiliki tampilan jam yang dapat disesuaikan, kompatibilitas dengan teknologi NFC, dan desain tahan air.

15. Fitbit Ace 3


Fitbit Ace 3 adalah smartwatch terbaik untuk anak-anak dengan desain Minions Yellow dan tampilan jam animasi menarik. Ace 3 dilengkapi statistik pelacakan aktivitas, daya tahan baterai selama delapan hari, tahan air dan kisaran harga yang relatif terjangkau, yaitu USD69-80.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2687 seconds (0.1#10.140)