Permainan Lokal A Space for the Unbound Masuk Nominasi Game Terbaik Dunia 2023

Selasa, 14 November 2023 - 09:51 WIB
loading...
Permainan Lokal A Space for the Unbound Masuk Nominasi Game Terbaik Dunia 2023
Game A Space for the Unbound dianggap memiliki keunikan dan membawa budaya Indonesia kepada dunia luar. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Game karya anak bangsa, A Space for the Unbound bikin kejutan karena berhasil masuk nominasi Game Awards 2023 kategori Game for Impact. Seperti apa?

Indonesia dikenal punya banyak developer game berbakat dan berkualitas. Tapi, banyak dari mereka memang tidak tersorot. Padahal, di luar negeri cukup banyak game-game Indonesia yang mendapatkan apresiasi sangat bagus.

Terbaru, game lokal A Space for the Unbound berhasil masuk nominasi Game Awards 2023 yang akan diselenggarkan secara live streaming pada 7 Desember 2023 nanti.

Game yang dibuat oleh Mojiken Studio-Toge Productions itu masuk dalam nominasi Game for Impact. Game yang masuk dalam kategori tersebut diyakini merupakan game dengan nilai-nilai khusus.

"Game for Impact adalah kategori permainan yang berupaya memberikan kesadaran dengan memberikan pengertian dan pesan-pesan sosial," tulis situs resmi The Game Awards yang dilansir SINDONews, Selasa (14/11) ini.

Dalam kategori tersebut, A Space for the Unbound karya anak bangsa akan bersaing dengan lima game lainnya yakni Tchia, Terra Nil, Venba, Goodbye Volcano High, dan Chants of Sennaar.

Permainan Lokal A Space for the Unbound Masuk Nominasi Game Terbaik Dunia 2023

Nominasi Games for Impact. Foto: Steam

Nominasi itu justru jadi kejutan buat insan kreatif yang terlibat di permainan A Space for the Unbound khususnya Toge Production. Akun X resmi milik A Space for the Unbound mengungkapkan keterkejutan mereka akan nominasi itu.

“Tunggu, benar? Apakah kami bermimpi sekarang??? Masuk nominasi The Game Awards itu saja sudah sangat sulit dipercaya," tulis akun X resmi A Space for the Unbound.

Hal yang sama juga diungkap oleh pendiri Toge Foundation, Kris Antoni. Lewat akun X resmi miliknya dia juga berharap banyak masyarakat Indonesia bisa memilih mereka di kategori Game for Impact ajang The Game Awards 2023.

"Ada Indonesianay cuy! A Space for the Unbound is nominated for the Games for Impact award at The Game Awards! Please consider voting for our game," tulisnya.

Diketahui A Space for the Unbound dikembangkan oleh Mojiken Studio, studio yang berbasis di Surabaya, dan dipublish oleh Toge Productions,
development dan publishing studio yang berbasis di Tangerang.

Demo dari game ini sudah dikeluarkan ke publik sejak awal 2020 dan mendapatkan ribuan review positif dari pemain global dan telah dinantikan oleh banyak orang.

A Space for the Unbound adalah game petualangan dengan unsur naratif dan puzzle berlatar Indonesia pada 1990-an yang bercerita tentang dua sejoli SMA menghadapi akhir dari tahun sekolah mereka.

Tidak hanya itu, mereka juga harus menghadapi hal-hal supernatural yang terjadi di kota mereka seraya menemukan jati diri.

Game ini memperkenalkan budaya serta nilai-nilai keunikan Nusantara melalui gim kepada masyarakat global, misalnya lagu keroncong, penjual cimol, warung kelontong, kehidupan anak SMA tahun 90an, mengumpulkan tutup botol minuman, dan lain sebagainya.

Melalui game ini, orang-orang berusaha mengenal Indonesia lebih jauh lagi, menjadi lebih kenal dan dekat dengan budayanya. Selain game sebagai hiburan, A Space for the Unbound membuktikan bahwa game juga bisa menjadi sarana bagi khalayak umum untuk menyampaikan perasaan, menyampaikan cerita, serta mengubah hidup mereka.

Selain itu game A Space for the Unbound mengangkat topik yang jarang diangkat, seperti kesehatan mental, trauma masa kecil yang didapat dari lingkungan keluarga dan pergaulan, hingga perasaan gagal dalam hidup.



Di Steam, game A Space for the Unbound mendapatkan banyak review positif. Beberapa media game juga mengapresiasi game buatan anak bangsa itu. "Gamenya udah ketebak bakal bagus sejak main prologuenya beberapa tahun lalu, tapi ga nyangka full gamenya bakal sebagus dan seemosional ini, phenomenal work Mojiken," tulis salah satu user Steam dengan akun Kadal_Sispek.

"Asli ini game luar biasa bagus. Baik itu dari grafis, BGM, dan bahkan art style-nya pun bagus banget," tulis pengguna Steam lainnya10969Cris.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5231 seconds (0.1#10.140)