Aneh, Handphone China Deteksi Aplikasi Google sebagai Virus

Selasa, 07 November 2023 - 08:19 WIB
loading...
Aneh, Handphone China Deteksi Aplikasi Google sebagai Virus
Sejumlah HP China mendeteksi aplikasi Google sebagai virus TrojanSMS-PA. (Foto: Bleeping Computer)
A A A
JAKARTA - Para pengguna handphone China mengeluhkan keanehan yang dialami perangkatnya. Yaitu, mendeteksi aplikasi Google sebagai virus TrojanSMS-PA dan menandainya sebagai ancaman.

Kejadian aneh ini dialami pengguna handphone China Huawei, Honor, dan Vivo. Lantaran dideteksi sebagai virus, perangkat juga meminta agar aplikasi Google segera dihapus karena dianggap berisiko tinggi. Dalam peringatan disebutkan bahwa aplikasi dapat mengirimkan pesan SMS secara diam-diam tanpa sepengetahuan pemilik smartphone.

“Aplikasi ini terdeteksi mengirim SMS secara pribadi, membujuk pengguna untuk membayar konten dewasa, mengunduh/menginstal aplikasi secara pribadi, atau mencuri informasi pribadi, yang dapat menyebabkan kerusakan properti dan kebocoran privasi. Kami merekomendasikan untuk segera mencopot pemasangannya,” bunyi pemberitahuan dikutip dari Bleeping Computer, Selasa (7/11/2023).

Masalah ini telah dilaporkan oleh banyak pengguna di forum dukungan Google (postingan Vivo), Reddit (utas Vivo), forum Huawei, dan berbagai komunitas Android lainnya. Untuk menjawab keluhan ini, Google telah mengeluarkan pernyataan resmi.



Raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu menyebut pemberian keamanan tidak dipicu oleh Google Play Protect dan tampaknya berasal dari perangkat yang tidak bersertifikat Play Protect dan tidak memiliki akses untuk mengunduh secara resmi aplikasi inti Google dari Play.

Mereka menegaskan Google Play adalah satu-satunya toko aplikasi tempat mengunduh aplikasi secara resmi yang telah melalui pengujian ketat dan menyarankan untuk menghubungi produsen perangkat untuk informasi lebih lanjut.

"Kami menyarankan untuk menghubungi produsen perangkat untuk informasi lebih lanjut. Semua aplikasi Google melalui pengujian ketat yang sama seperti semua aplikasi lainnya di Google Play. Pengujian ini dirancang untuk memastikan bahwa aplikasi aman, terjamin, dan memenuhi kualitas Google," kata perusahaan.



Bleeping Computer telah memverifikasi bahwa peringatan ini ditampilkan pada perangkat Huawei dengan aplikasi inti Google yang sudah diinstal sebelumnya dan tidak ada aplikasi yang dimuat di samping.

Bleeping Computer mengonfirmasi bahwa peringatan ini ditampilkan oleh aplikasi 'Huawei Optimizer' di perangkat Huawei, namun tidak jelas aplikasi apa yang menampilkan peringatan tersebut untuk smartphone Vivo atau Honor.

Bagi para pengguna perangkat China yang mendapat pemberitahuan diharapkan agar mengabaikan peringatan tersebut karena mungkin ini merupakan gejala 'positif palsu' penyebaran malware . Bisa juga dengan menghapus file sampah lalu reboot perangkat.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1234 seconds (0.1#10.140)