Tingkat Akurasi Tinggi, Teknologi Credit Score Analisis Data Lebih Objektif

Selasa, 07 November 2023 - 02:36 WIB
loading...
Tingkat Akurasi Tinggi, Teknologi Credit Score Analisis Data Lebih Objektif
Pengecekan credit score dapat dilakukan secara mandiri melalui website atau aplikasi dari lembaga biro kredit. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Teknologi digital credit score merupakan metode penilaian kelayakan kredit yang memanfaatkan teknologi digital untuk menganalisis data-data nasabah dan memberikan skor kredit yang lebih akurat dan objektif.



Credit score adalah skor yang diberikan kepada seseorang berdasarkan data historis kredit dan pembayaran. Semakin tinggi credit score, semakin baik penilaian kredit seseorang.

Orang dengan credit score rendah cenderung dianggap memiliki risiko tinggi untuk tidak membayar kewajibannya. Oleh karena itu, mereka lebih mungkin untuk ditolak saat mengajukan kredit.

Untuk menghindari penolakan kredit, penting bagi seseorang untuk memeriksa data perkreditan, pengecekan dapat dilakukan secara mandiri melalui website atau aplikasi dari lembaga biro kredit.

Teknologi ini memungkinkan lembaga keuangan untuk menilai kelayakan kredit nasabah secara lebih cepat, efisien, dan inklusif

Saat ini masyarakat harus sudah mulai memahami pentingnya peran credit score dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam aspek yang berhubungan dengan pengelolan keuangan.

“Skor kredit yang rendah menyulitkan akses ke pinjaman, termasuk kredit rumah. Untuk itu perlu kesadaran masyarakat termasuk
generasi milenial untuk mengelola keuangan dengan bijak." pandang Yohanes Arts Abimanyu Direktur
Utama IdScore.

Teknologi digital credit score masih terus berkembang, dan diperkirakan akan semakin banyak digunakan oleh lembaga keuangan di masa depan. Teknologi ini memiliki potensi untuk meningkatkan akurasi dan efisiensi penilaian kredit, serta meningkatkan inklusi keuangan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2004 seconds (0.1#10.140)