Setelah Wajibkan Bayar Rp15 Ribu Setahun, X Bakal Punya Dua Pilihan Layanan Premium

Senin, 23 Oktober 2023 - 14:21 WIB
loading...
Setelah Wajibkan Bayar Rp15 Ribu Setahun, X Bakal Punya Dua Pilihan Layanan Premium
Elon Musk bakal wajibkan pengguna X untuk berlangganan sesuai kebutuhan, untuk menghindari bot. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Platform X (dulunya Twitter) terus akan menambah layanan mereka. Terbaru, mereka bakal memberikan opsi dua pilihan layanan premium. Hal ini diungkap oleh pemilik platform, Elon Musk , belum lama ini.

“Yang pertama, layanan dengan biaya berlangganan rendah dan memiliki semua fitur. Tapi, tidak ada pengurangan iklan. Model kedua, lebih mahal, tapi tidak ada iklan,” kata miliarder itu dalam sebuah postingan di X.

Melansir dari BBC, Senin (23/10), ini terjadi ketika perusahaan tersebut mulai mengenakan biaya USD1 (Rp 15 ribu) kepada pengguna di Selandia Baru dan Filipina untuk mengakses platform tersebut.

Musk tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai rencana tersebut. Yang jelas pengguna baru yang memilih untuk tidak berlangganan hanya akan dapat melakukan sedikit fitur.

Mereka hanya dapat melakukan tindakan "hanya baca", seperti membaca postingan, menonton video, dan mengikuti akun, kata perusahaan itu dalam situsnya.

Untuk diketahui, Musk sendiri telah lama mengatakan bahwa solusi untuk menghilangkan bot dan akun palsu di platform media sosial adalah dengan mengenakan biaya untuk layanan.

Sejak mengambil alih perusahaan tersebut pada bulan Oktober tahun lalu, ia berupaya memberikan insentif kepada pengguna agar membayar layanan yang ditingkatkan, yang sekarang disebut X Premium.

Beberapa pengguna sekarang memilih untuk membayar USD8 (Rp 127 ribu) per bulan untuk layanan berlangganan cek biru. Musk kemudian tidak lupa merayu pengiklan kembali ke X dengan menawarkan diskon.



Perusahaan teknologi besar lainnya juga telah bereksperimen dengan gabungan paket dukungan iklan dan langganan. Meskipun YouTube Alphabet memiliki layanan berbayar dan gratis yang didukung iklan, paket Netflix yang didukung iklan juga dikenakan biaya, meskipun dengan harga lebih rendah.
YouTube, seperti X yang dipenuhi konten dari pengguna, membagi sebagian pendapatan langganannya dengan pembuat konten.

X, yang juga membagi sebagian pendapatan iklannya dengan pembuat konten, tidak mengungkapkan apakah pembuat konten akan dibayar dalam model berlanggananbebasiklan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2550 seconds (0.1#10.140)