Elon Musk Berencana Keluarkan Platform X dari Eropa, ini Alasannya

Kamis, 19 Oktober 2023 - 16:37 WIB
loading...
Elon Musk Berencana Keluarkan Platform X dari Eropa, ini Alasannya
Elon Musk ingin keluarkan Platform X dari Eropa. FOTO/ DAILY
A A A
SAN FRANCISCO - Pemilik platform media sosial X, Elon Musk sedang mempertimbangkan untuk membawa layanan tersebut ke luar Eropa.



Seperti dilansir dari Reuters, (19/10/2023) yang mengutip laporan berita Insider pada hari Rabu menyebutkan langkah tersebut merupakan responsnya terhadap peraturan baru yang diberlakukan pada platform internet di wilayah tersebut.

Sementara itu, sumber yang dekat dengan X mengklaim bahwa Musk telah membahas penghapusan aplikasi tersebut di Eropa atau mencegah pengguna di Uni Eropa (UE) untuk mengaksesnya.

Agustus lalu, UE mengesahkan Undang-Undang Layanan Digital (DSA) yang menguraikan aturan untuk mencegah penyebaran konten berbahaya, melarang atau membatasi praktik tertentu yang menargetkan pengguna tertentu, dan membagikan sejumlah data internal kepada otoritas dan peneliti terkait.

Kepala Industri Uni Eropa Thierry Breton pada 10 Oktober meminta Musk untuk mengatasi penyebaran 'informasi palsu' di saluran media sosial X menyusul konflik terbaru di Palestina.

Langkah tersebut seolah-olah untuk mematuhi peraturan konten online Uni Eropa yang baru, namun ditolak oleh Musk karena dianggap sebagai upaya Barat untuk mengendalikan penyebaran informasi tentang konflik Israel-Palestina menurut narasinya.

Breton mengatakan dia memiliki bukti bahwa X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, digunakan untuk menyebarkan konten ilegal dan informasi yang salah mengenai konflik Israel-Palestina di UE.

Musk terlihat langsung menanggapi pernyataan Breton dan mengatakan bahwa perusahaannya memegang teguh pendirian menyediakan sumber berita yang terbuka dan transparan
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2335 seconds (0.1#10.140)