Anti Lelet, Iran Pamer Drone Berkecepatan Jet Dilengkapi Rudal Penghancur

Senin, 23 Oktober 2023 - 07:18 WIB
loading...
Anti Lelet, Iran Pamer Drone Berkecepatan Jet Dilengkapi Rudal Penghancur
Iran Luncurkan Drone Berkecepatan Jet . FOTO/ TEHERAN NEWS
A A A
TEHERAN - Iran meluncurkan drone bertenaga jet yang dipersenjatai dengan rudal berbasis udara terbaru. Drone tersebut, yang disebut Qasef-3, adalah drone tempur yang dirancang untuk menyerang target darat dan laut.



Qasef-3 memiliki panjang sekitar 10 meter dan lebar sekitar 2 meter. Drone tersebut ditenagai oleh mesin jet turbofan yang memberikannya kecepatan maksimum hingga 1.000 kilometer per jam. Qasef-3 juga memiliki jangkauan operasi hingga 1.000 kilometer.

Drone tersebut dipersenjatai dengan dua rudal berbasis udara Qaem-9. Rudal Qaem-9 adalah rudal jelajah yang memiliki jangkauan hingga 200 kilometer. Rudal tersebut dapat membawa hulu ledak seberat 50 kilogram.

Peluncuran Qasef-3 merupakan bagian dari upaya Iran untuk meningkatkan kemampuan militernya. Iran telah mengembangkan berbagai jenis drone tempur dalam beberapa tahun terakhir, termasuk Qasef-1, Qasef-2, dan Qasef-5.

Berikut spesifikasi Qasef-3 seperti dilansir dari Teheran News:

Panjang: 10 meter
Lebar: 2 meter
Berat: 3 ton
Mesin: mesin jet turbofan
Kecepatan maksimum: 1.000 kilometer per jam
Jangkauan operasi: 1.000 kilometer
Persenjataan: dua rudal Qaem-9

Peluncuran Qasef-3 telah menimbulkan kekhawatiran di negara-negara tetangga Iran. Israel dan Arab Saudi telah lama menganggap Iran sebagai ancaman dan khawatir bahwa drone tersebut dapat digunakan untuk menyerang mereka.

Peluncuran Qasef-3 juga menunjukkan bahwa Iran terus mengembangkan kemampuan militernya. Iran telah lama berusaha untuk mengembangkan rudal balistik dan senjata nuklir, dan drone tempur merupakan bagian dari upaya tersebut.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1536 seconds (0.1#10.140)