Israel Panik, Militer Zionis Klaim Ribuan CCTV Rumah Warga Yahudi Disabotase

Senin, 16 Oktober 2023 - 09:29 WIB
loading...
Israel Panik, Militer Zionis Klaim Ribuan CCTV Rumah Warga Yahudi Disabotase
Militer Zionis sebut ribuan CCTV milik warga Yahudi disabotase. FOTO/ THE TIME OF ISRAEL
A A A
GAZA - Pejuang Islam seperti Hamas dan Hizbullah dituding memanfaatkan CCTV warga Israel di perbatasan Gaza untuk menyelinap dan menyerang.

BACA JUGA - Buru Hamas hingga dalam Perut Bumi, Pasukan Zionis Gunakan GBU-72

Militer Israel (IDF) dikabarkan telah meminta warga Israel yang ditinggail di dekat perbatasan Jalur Gaza untuk mematikan kamera CCTV di rumah-rumah mereka.

Seperti dilaporkan media Israel Haaretz, permintaan itu lantaran IDF khawatir para peretas Hamas akan dapat melihat kondisi rumah mereka dan bahkan mengendalikan kamera untuk diubah menjadi senjata siber.

Kepada Haaretz, Unit Juru Bicara IDF mengatakan bahwa,"Beberapa hari lalu, komandan IDF membuat rekomendasi, atas arahan petugas keamanan, untuk mematikan sementara kamera keamanan."

Pejabat IDF menjelaskan bahwa arahan itu untuk komunitas secara keseluruhan dan bukan warga individu.

Kamera keamanan yang terhubung ke internet dirancang untuk memungkinkan seseorang melihat apa yag terjadi di lokasi tertentu di waktu tertentu, bahkan saat berada di tempat lain.

Terkadang, itu tidak terhubung ke kamera web pribadi Anda melainkan ke kamera keamanan yang dapat diakses oleh sejumlah orang, misalnya kamera CCTV di gedung apartemen.

Itulah mengapa sejumlah webcam tunduk pada antarmuka manajemen online - yang pada dasarnya adalah sejenis server yang terhubung ke internet.

Jika Anda memiliki kamera keamanan di gedung, bisnis, atau bahkan rumah pribadi dan untuk mengakses kamera atau mengontrolnya dari jarak jauh, Anda perlu membuka alamat IP seperti http://88.77.66.55, lalu kamera Anda terhubung ke internet.

Alamat ini tidak bersifat rahasia dan mesin pencari dapat menemukannya. Itulah tepatnya yang dilakukan oleh mesin pencari seperti shodan.io atau www.insecam.org.

Penyerang siber juga dapat meretas melalui cara yang lebih canggih dan mengendalikan sistem operasi kamera dan menggunakannya untuk berbagai tujuan, seperti serangan yang tampaknya berasal dari alamat IP Anda sendiri, menggunakan server dengan materi ilegal atau kegunaan lainnya. Itulah mengapa Anda perlu melindungi kamera Anda.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3934 seconds (0.1#10.140)