Begini 5 Tips Menghindari Aksi Scamming, Nomor 2 Penting Biar Rekening Tidak Bobol

Minggu, 24 September 2023 - 15:00 WIB
loading...
A A A
Berhati-hatilah terhadap email, pesan, dan panggilan yang mengaku berasal dari perusahaan pengiriman atau siapa pun. “Para penipu mempunyai akses terhadap teknologi spoofing canggih yang dapat membuat sesuatu tampak seolah-olah dari perusahaan yang sah,” kata Catriona Lowe.



Meskipun semua pesan yang Anda terima tampak sah, jangan klik tautannya. Untuk pembayaran, selalu kunjungi situs web tepercaya bank Anda dan bukan situs pihak ketiga.

4. Laporkan ke Pihak Berwenang

Begini 5 Tips Menghindari Aksi Scamming, Nomor 2 Penting Biar Rekening Tidak Bobol

Jika Anda melaporkan sesuatu aksi penipuan atau sebagai potensi penipuan, maka Anda menghentikan pesan yang sama agar tidak sampai ke orang lain. Perusahaan telekomunikasi mempunyai kemampuan memblokir nomor yang mereka identifikasi sebagai spam atau penipuan.

Jangan biarkan mereka lolos begitu saja, laporkan tren yang Anda identifikasi sebagai penipuan. Ini mungkin membantu orang lain agar tidak menjadi korban penipuan.

5. Terus Update Setiap Perkembangan

Aksi penipuan sekarang sudah sangat canggih. Penipu terus berkembang sehingga penting bagi Anda untuk terus belajar dan memantau setiap perkembangan yang terjadi.

Terus periksa peringatan terbaru, update, dan ikuti tips dari para ahli agar Anda tetap terlindungi dari penipuan. “Sangat penting bagi kita untuk terus membicarakannya dan mendidik masyarakat seperti apa perkembangan penipuan saat ini,” kata kepala informasi dan keamanan Telstra Narelle Devine.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)