Siapkan Generasi Emas, Binus University Buka Jurusan Program AI

Sabtu, 16 September 2023 - 14:07 WIB
loading...
Siapkan Generasi Emas, Binus University Buka Jurusan Program AI
Binus University menggelar sharing session bertajuk Techno Talk: How AI Transform the World di Kampus Anggrek, Jakarta Barat, Sabtu (16/9/2023). Foto/Screen Capture Binus TV Wahyu Sibarani
A A A
JAKARTA - Binus University membuka jurusan Program Artificial Intelligence (AI). Langkah itu dilakukan guna menyiapkan generasi emas Indonesia yang menguasai kecerdasan buatan atau AI.

Peresmian jurusan baru itu ditandai dengan digelarnya Tech Talck bertajuk "Techno Talk: How AI Transform the World" yang digelar di Kampus Anggrek, Jakarta Barat, Sabtu (16/9/2023). Dalam peresmian itu Dr Nelly, Rektor Binus University mengatakan pada 2025 Indonesia akan memiliki bonus demografi yang sangat besar.

Dari kondisi itu Indonesia menurutnya ditargetkan akan sejajar dengan negara adidaya. Dari situ dibutuhkan anak-anak muda yang bisa berkontribusi penting dalam mewujudkan target tersebut. Termasuk anak-anak muda yang menguasai kecerdasan buatan.

"Binus ingin berkontribusi menyiapkan generasi emas Dari situ kami menghadirkan Program Artificial Intelligence (AI) sebagai komitmen untuk menyiapkan sumber daya unggul yang bisa berdayakan masyarakat melalui solusi di bidang AI nantinya," ujar Dr Nelly.



Dia melanjutkan Program AI yang ditawarkan Binus University akan berupaya menghadirkan upaya pendidikan AI yang memang berkontribusi pada kemajuan bangsa. Terutama kepentingan industri yang membutuhkan bantuan AI.

"Untuk itu kurikulum yang diberikan berupakan AI terapan sehingga jarak kebutuhan industri dan pendidikan jadi lebih dekat," katanya.

Nantinya di Program AI, Binus University akan menyertakan beberapa mata kuliah seperti Deep Learning Machine, Robotic, Applied Computation, dan lainnya. Selain itu para mahasiswa yang mengambil Program AI akan diberikan kesempatan untuk terlibat dalam proyek inovatif yang memungkinkan mahasiswa merasakan dampak positif teknologi AI.

Dia berharap Program AI akan menghasilkan pemimpin masa depan yang bisa memanfaatkan ai dengan bijak dan etis. Juga bisa membentuk pemimpin yang memiliki kemampuan identifikasi masalah dan solusi inovatif dengan mengandalkan kekuatan AI.

"Kolaborasi jadi kunci kesuksesan di dunia AI. Ini makanya kami mengundang beberapa pihak untuk berkolaborasi sama-sama," ujarnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3469 seconds (0.1#10.140)