5 Fakta Huawei Mate 60 Pro yang Bikin Geram Amerika Serikat dan Terancam Diboikot

Rabu, 13 September 2023 - 10:14 WIB
loading...
A A A

4. Harga


Pada pilihan warna, Huawei Mate 60 Pro sementara hadir dalam pilihan hitam, putih, hijau, dan ungu. Sedangkan untuk harganya sendiri, ponsel ini dijual dengan harga 6.999 yuan atau sekitar Rp14,7 juta.

5. Menjadi Sorotan AS


Salah satu hal yang disorot Amerika Serikat dalam perangkat Huawei Mate 60 Pro adalah bagian chipset. Melihat ke belakang, Presiden Donald Trump tahun 2018 mengumumkan kebijakan untuk melarang perusahaan AS menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dari pihak yang dianggap ancaman nasional.

Saat itu, kebijakan Trump secara tidak langsung ditujukan kepada Huawei. Beberapa waktu setelahnya, Departemen Perdagangan memasukkan Huawei bersama para afiliasinya dalam daftar hitam yang dilarang membeli suku cadang dan komponen dari perusahaan AS.

Kehadiran chipset Kirin 9000S membuat pemerintah Amerika Serikat (AS) curiga. Bagaimana bisa mereka membuat sendiri chip tersebut padahal telah ada aturan pemblokiran.

Lebih jauh, pihak AS menduga bahwa pembuat Kirin 9000S yang merupakan mitra Huawei, yaitu Semiconductor Manufacturing International Corporation (SMIC), menggunakan teknologi tanpa izin.

Itulah sejumlah fakta tentang Huawei Mate 60 Pro yang bikin geram AS dan terancam diboikot.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2646 seconds (0.1#10.140)