Mahasiswa UB Ciptakan Aplikasi Stasiun Edukasi, Permudah Anak Belajar

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 17:14 WIB
loading...
Mahasiswa UB Ciptakan Aplikasi Stasiun Edukasi, Permudah Anak Belajar
Aplikasi kreasi mahasiswa UB untuk mudahkan anak SD belajar (Foto: Humas Universitas Brawijaya)
A A A
MALANG - Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) menciptakan aplikasi belajar berbasis online bernama Stasiun Edukasi. Aplikasi ini diklaim mampu menjadi jembatan bagi siswa untuk belajar lebih interaktif dan membuka pengetahuan seluas-luasnya.

Aplikasi Stasiun Edukasi telah diuji coba di Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan melalui program Mahasiswa Membangun Desa (MMD)

Pembuat Aplikasi, Ferdiansah Dwika Permana, mengatakan, peluncuran aplikasi ini dilatarbelakangi keterbatasan akses sumber belajar di SD Negeri 1 Karangjati. Sebagian besar siswa mengatakan akses terhadap sumber belajar sangat terbatas, bahkan akses terhadap buku paket hanya dimiliki oleh guru, dan sebagian kecil siswa dikarenakan terbatasnya stok buku di sekolah.

“Satu -satunya sumber informasi yang dimiliki di sekolah adalah melalui guru di kelas. Bahkan, beberapa murid belum pernah memiliki buku paket, sehingga guru menyampaikannya secara langsung kepada kami," kata Ferdi, sapaan akrabnya pada Sabtu (26/8/2023).

Ferdiansah yang berasal dari jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer menambahkan, minat dan komitmennya dalam pemecahan masalah nyata di masyarakat, menjadikannya berinisiatif membuat aplikasi dengan slogan "Semua Bisa Belajar".

"Ini minat dan komitmen untuk menciptakan produk aplikasi inovatif yang dapat memecahkan permasalahan nyata di masyarakat," ujarnya.



Dalam perjalanannya, pengembangan 'Stasiun Edukasi', dilakukan dalam waktu tiga minggu, selama program Mahasiswa Membangun Desa (MMD) berlangsung. Setelah berhasil dikembangkan, aplikasi ini disosialisasikan kepada siswa-siswi di SD Negeri 1 Karangjati, Kabupaten Pasuruan.

"Aplikasi ini tidak hanya terbatas bagi siswa SD Negeri 1, melainkan dapat diakses oleh siapa pun yang memiliki akses internet melalui link "stasiunedukasi.my.id," tuturnya.

Di aplikasi ini, tersedia berbagai bentuk sumber belajar interaktif, antara lain modul materi pembelajaran, kuis, dan video pembelajaran. Seluruh konten yang tersedia dalam aplikasi ini telah dikurasi dari sumber-sumber terpercaya, termasuk dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), serta penyedia lain seperti Zenius dan Quizziz.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)