Cara Cek Orang Sudah Cerai atau Belum lewat Online

Selasa, 15 Agustus 2023 - 17:30 WIB
loading...
Cara Cek Orang Sudah Cerai atau Belum lewat Online
Cara cek status akta cerai secara online penting untuk dipahami. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Cara cek status akta cerai secara online penting dipahami. Terutama, bagi pasangan yang sudah memutuskan untuk bercerai. Terutama untuk mengurus harta gono-gini dan lainnya.

Akta cerai sendiri merupakan akta otentik yang dikeluarkan oleh pengadilan agama sebagai bukti telah terjadi perceraian. Dokumen resmi akta perceraian diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setelah pasangan suami dan istri memperoleh salinan putusan penetapan perceraian dari pengadilan negeri.

Untuk apa akta perceraian? Dokumen tersebut digunakan sebagai bukti sah putusnya perkawinan dan perubahan status sebagai duda atau janda cerai hidup tercatat.

Selain itu, akta perceraian juga dipakai untuk mengurus hak tunjangan anak dari suami istri, pembagian harta gono-gini, dan perkawinan setelah perceraian.

Jika putusan perceraian di pengadilan tidak segera dicatatkan, peristiwa perceraian belum memiliki kekuatan hukum sehingga akan menyulitkan suami/istri di masa depan dalam mengambil tindakan hukum lainnya, seperti menikah kembali.

Di Jakarta, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi DKI Jakarta melayani Pencatatan Perceraian bagi pasangan yang telah melangsungkan perkawinan.

Cara Mengurus Akta Cerai:

1. Datang ke lokasi pelayanan: Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi DKI Jakarta, Kantor Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota dan Kabupaten, Kantor Kecamatan (Loket Sektor Dukcapil Kecamatan).

2. Waktu Pembuatan: Sekitar 15 (lima belas) menit apabila berkas persyaratan lengkap dan telah dilakukan verifikasi dan validasi oleh Pejabat Pencatatan Sipil.

3. Tarif Pembuatan: Gratis

Syarat Pembuatan Akta Perceraian

Adapun beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk mengurus Akta Perceraian, yaitu:

1. Salinan putusan perceraian dari pengadilan negeri yang telah berkekuatan hukum tetap.
2. Kutipan Akta Perkawinan.
3. KTP-el suami atau istri.
4. Kartu Keluarga (KK) suami atau istri.


Cara mengecek akta cerai sudah bisa diambil atau sudah jadi, bisa dilakukan secara online. Berikut yang harus dilakukan:

1. Kunjungi situs resmi dimana Anda mengurus akta cerai, entah itu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, atau pengadilan agama di wilayah Anda tinggal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4064 seconds (0.1#10.140)