Hacker Gunakan AI untuk Buka Password Lewat Suara Ketikan

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 13:15 WIB
loading...
Hacker Gunakan AI untuk Buka Password Lewat Suara Ketikan
AI bisa untuk buka password lewat suara ketikan. FOTO/ DAILY
A A A
BEIJING - Para ilmuwan telah memperingatkan bahwa teknologi kecerdasan buatan (AI) sangat canggih sehingga dapat mencuri kata sandi hanya dengan mendengarkan suara kata yang sedang diketik.



Seperti dilansir dari Daily Star, Kamis (10/8/2023), Model AI telah dilatih oleh para peneliti untuk menekan 36 tombol pada komputer MacBook Pro sebanyak 25 kali dan merekam suaranya.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa setiap kata sandi yang diketik dapat diidentifikasi dengan akurasi 95 persen menggunakan mikrofon smartphone terdekat.

Suara-suara itu dimasukkan ke dalam sistem AI yang mampu mengidentifikasi pola setiap kata sandi dengan benar, menurut penelitian oleh Universitas Surrey, Universitas Durham dan Universitas Royal Holloway.

Kelompok ilmuwan menambahkan bahwa individu yang menggunakan komputer mereka di kafe, pub, dan perpustakaan berisiko data sensitif mereka dicuri oleh AI.

Para ahli memperingatkan bahwa ancaman serangan dunia maya berdasarkan suara telah meningkat karena peningkatan konferensi video dengan perangkat lain.

“Aku bisa melihat akurasi dan serangan semacam itu meningkat,''

"Setiap tombol memiliki audio atau suara yang unik, yang dapat menyimpulkan huruf yang ditekan," kata rekan penulis studi, Dr. Terima kasih Toreini.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1421 seconds (0.1#10.140)