Mark Zuckerberg Klaim Pengguna Threads Meta Tebus 70 Juta

Sabtu, 08 Juli 2023 - 08:30 WIB
loading...
Mark Zuckerberg Klaim Pengguna Threads Meta Tebus 70 Juta
Chief Executive Officer (CEO) Meta Mark Zuckerberg menyebutkan bahwa pengguna media sosial Threads yang baru diluncurkan telah melampaui angka 70 juta. Foto/siliconangle
A A A
MENLO PARK - Chief Executive Officer (CEO) Meta Mark Zuckerberg menyebutkan bahwa pengguna media sosial Threads yang baru diluncurkan telah melampaui angka 70 juta. Pencapaian ini terjadi sehari setelah Threads mencapai 30 juta pengguna dalam waktu kurang dari tiga hari setelah diluncurkan.

“70 juta pendaftaran di Threads mulai pagi ini. Jauh melampaui harapan kami,” tulis Mark Zuckerberg dalam sebuah posting di platform baru dikutip SINDOnews dari laman siliconangle, Sabtu (8/7/2023).

Threads adalah jejaring sosial yang berpusat pada teks yang diposisikan Meta sebagai alternatif dari Twitter. Pengguna dapat menerbitkan posting, atau utas, yang dapat berisi hingga 500 karakter serta foto dan video. Konten dari akun yang diikuti pengguna muncul di feed terpusat.



Proses pengembangan aplikasi Threads dimulai pada bulan Januari, dikenal sebagai Project 92 dan Barcelona. Utas dikembangkan oleh anak perusahaan Meta Instagram dan terintegrasi erat dengan layanan tersebut.

Utas secara resmi online pada pukul 7 malam pada Rabu 5 Juni 2023, sekitar setengah hari sebelum dijadwalkan diluncurkan. Pengguna hanya dapat mendaftar untuk aplikasi menggunakan akun Instagram mereka.

Selain itu, opsi penghapusan profil kedua layanan saat ini ditautkan, meskipun Meta sedang bekerja untuk mengubah fitur tersebut. Pada hari Kamis, kepala Instagram Adam Mosseri mengatakan kepada The Verge bahwa "volatilitas" dan "ketidakpastian" Twitter Inc. sejak diakuisisi oleh Elon Musk menciptakan peluang pasar untuk Meta.

Keputusan Musk untuk membatasi jumlah tweet yang dapat dilihat pengguna per hari dilaporkan berperan dalam keputusan untuk meluncurkan Threads minggu ini. Mosseri membocorkan bahwa Meta berencana untuk meluncurkan dukungan untuk protokol ActivityPub ke Threads di masa mendatang.



Protokol ini memungkinkan pengguna satu jejaring sosial untuk melihat konten dari yang lain tanpa membuka tab baru. Menurut Meta, pengguna Threads di masa mendatang akan menerima kemampuan untuk berinteraksi dengan konten dari Mastodon, yang sudah mendukung ActivityPub.

Perusahaan mengisyaratkan bahwa integrasi dengan layanan tambahan yang kompatibel dengan ActivityPub juga dapat ditambahkan. “Segera, Anda akan dapat mengikuti dan berinteraksi dengan orang-orang di platform fediverse lain, seperti Mastodon,” tulis sebuah pesan di antarmuka Threads.

Utas Thread saat ini tersedia di 100 negara termasuk AS, tetapi aplikasinya belum tersedia di Uni Eropa. Menurut Mosseri, alasannya adalah Meta merasa kesulitan untuk mematuhi peraturan privasi blok tersebut. Namun, eksekutif tersebut mengatakan kepada The Verge bahwa Meta akhirnya berencana untuk membuat Threads juga tersedia di UE.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3055 seconds (0.1#10.140)