Khawatir Data Bocor, Apple Batasi Penggunaan ChatGPT untuk Karyawan

Senin, 26 Juni 2023 - 09:19 WIB
loading...
Khawatir Data Bocor, Apple Batasi Penggunaan ChatGPT untuk Karyawan
Apple membatasi penggunaan alat pengkodean ChatGPT dan AI kepada karyawannya seperti GitHub Copilot karena takut membocorkan data rahasia ke sumber luar. Foto/GNN
A A A
WASHINGTON - Apple membatasi penggunaan alat pengkodean ChatGPT dan AI kepada karyawannya seperti GitHub Copilot karena takut membocorkan data rahasia ke sumber luar. Apalagi saat ini, Apple juga dikabarkan sedang mengembangkan teknologi AI serupa.

ChatGPT adalah model bahasa besar percakapan (large language model/LLM) yang dikembangkan oleh OpenAI yang didukung Microsoft. ChatGPT mampu melakukan tugas mulai dari menjawab pertanyaan dan menulis esai hingga membantu tugas pemrograman.

Saat ini, model AI ChatGPT hanya berjalan di server OpenAI atau Microsoft dan dapat diakses melalui Internet. Keputusan Apple untuk membatasi penggunaan alat AI eksternal berasal dari kekhawatiran bahwa data rahasia dapat terungkap.



Diketahui sifat model AI ini, mampu mengirimkan data pengguna kembali ke pengembang untuk pemrosesan cloud dan bantuan dalam peningkatan model AI di masa mendatang. Padahal Apple tengah mengembangkan teknologi LLM miliknya sendiri.

“Apple terkenal dengan langkah-langkah keamanannya yang ketat. Keputusannya untuk melarang penggunaan alat AI eksternal mencerminkan tren yang berkembang di antara perusahaan seperti Samsung dan JPMorgan Chase,” tulis laman arstechnica, Senin (26/6/2023).

The Wall Street Journal melaporkan bahwa Amazon mendorong para insinyurnya untuk menggunakan alat AI miliknya (seperti CodeWhisperer) sebagai bantuan pengkodean daripada menggunakan AI eksternal atau milik perusahaan lain. Termasuk Apple sedang mengerjakan LLM-nya sendiri di bawah kepemimpinan John Giannandrea.

Diketahui Giannandrea merupakan mantan karyawan Google yang sekarang menjadi wakil presiden senior Strategi Pembelajaran Mesin dan AI Apple. Meskipun Apple telah membatasi penggunaan ChatGPT untuk karyawannya, larangan tersebut tidak berlaku untuk pengguna Apple.



Untuk mengatasi masalah privasi di kalangan bisnis, Microsoft baru-baru ini mengumumkan rencana untuk meluncurkan versi ChatGPT yang berfokus pada privasi. Produk ini akan menargetkan bank, penyedia layanan kesehatan, dan organisasi besar lainnya, agar tidak ada kekhawatiran tentang kebocoran data dan kepatuhan terhadap peraturan.

ChatGPT versi bisnis yang lebih mahal ini diatur untuk berjalan di server khusus, terpisah dari yang digunakan oleh perusahaan lain atau pengguna individu. Produk ini diharapkan dapat membantu mencegah kebocoran data yang tidak disengaja dan mencegah data sensitif digunakan untuk melatih model bahasa AI. Meski begitu, diragukan pesaing terkenal seperti Apple akan mempercayai Microsoft dengan data rahasianya dalam situasi seperti ini.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3551 seconds (0.1#10.140)