Cegah Data Bocor, Samsung Bikin ChatGPT Khusus untuk Karyawan

Selasa, 16 Mei 2023 - 20:41 WIB
loading...
Cegah Data Bocor, Samsung Bikin ChatGPT Khusus untuk Karyawan
Samsung membuat AI Generatif seperti ChatGPT tapi dengan bahasa Korea dan hanya digunakan oleh karyawan. Foto: Mashable
A A A
KOREA SELATAN - Samsung memang pernah kena batunya terkait AI generatif seperti ChatGPT . Karena itu, mereka melarang karyawan Samsung mengakses chatbot AI serupa.

Langkah tersebut diambil Samsung demi melindungi data dan informasi perusahaan. Pada awal Mei 2023 ini, Samsung mengatakan bahwa mereka ingin menciptakan lingkungan kerja AI generatif yang lebih aman.

AI Generatif merujuk pada jenis teknologi kecerdasan buatan yang menggunakan algoritma untuk menghasilkan data atau konten baru yang orisinal, seperti teks, gambar, suara, atau video.

AI Generatif memiliki kemampuan untuk "menghasilkan" konten baru berdasarkan pemahaman dan pembelajaran dari dataset yang luas.

Setelah melihat potensi risikonya, kini Samsung dikabarkan sedang menjalin kerja sama dengan Naver untuk membuat AI-nya sendiri.

Bukan untuk bersaing dengan ChatGPT atau Bard, platform AI generatif ini nantinya hanya akan digunakan oleh internal karyawan Samsung.

Platform ini akan tetap berada di server Samsung yang aman. Dengan ini, bisa dipastikan bahwa informasi sensitif terkait semikonduktor maupun kode hak milik tetap dirahasiakan dan dilindungi.

Sebagaimana dihimpun dari Gizmochina, Selasa (16/5/2023), salah satu keunggulan dari platform ini terletak pada tingkat pemahaman bahasa Korea.

Nantinya chatbot AI perusahaan akan mampu memahami dan merespons bahasa Korea secara akurat dibanding AI lainnya.

Tujuan Samsung jelas untuk memberikan pengalaman yang lebih mulus dan intuitif kepada karyawannya. Karena tersedia eksklusif untuk karyawan, chatbot AI Samsung tentunya akan membantu pekerjaan mereka sehari-hari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)