Langgar Undang-undang Privasi Anak, Microsoft Bayar Denda USD20 Juta

Rabu, 07 Juni 2023 - 18:02 WIB
loading...
Langgar Undang-undang Privasi Anak, Microsoft Bayar Denda USD20 Juta
Ilustrasi Microsoft. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Microsoft setuju membayar denda USD20 juta dan mengubah prosedur privasi data untuk anak-anak. Hal ini menyusul tuduhan Komisi Perdagangan Federal (FTC) atas pelanggaran Undang-Undang Perlindungan Privasi Online (COPPA) anak-anak.

COPPA adalah undang-undang federal Amerika Serikat (AS) yang dirancang untuk melindungi privasi anak-anak, di bawah usia 13 tahun di internet dengan persetujuan orang tua.

COPPA juga memiliki kemampuan untuk meninjau dan meminta penghapusan informasi pribadi anak, kemampuan untuk menolak pengumpulan data, mengimplementasikan keamanan oerlindungan untuk informasi yang dikumpulkan, dan banyak lagi saat mendaftarkan akun online.


"COPPA memberlakukan persyaratan tertentu pada operator situs web atau layanan online yang diarahkan kepada anak-anak di bawah 13 tahun," tulis pengumuman COPPA, dikutip dari Bleeping Computer, Rabu (7/6/2023).

Menurut Badan Perlindungan Konsumen, Microsoft diduga mengumpulkan dan menyimpan informasi pribadi anak-anak yang telah mendaftar untuk layanan Xbox Live tanpa meminta persetujuan orang tua mereka.

Dalam beberapa kasus yang dikonfirmasi antara 2015 dan 2020, FTC mengatakan Microsoft menyimpan data anak-anak di servernya selama beberapa tahun.

Dokumen pengadilan mengungkapkan, bahwa dari Januari 2017 hingga Desember 2021, sekitar 218.000 pengguna konsol Xbox yang berbasis di AS membuat akun Microsoft dengan memasuki tanggal lahir yang mengindikasikan mereka lebih muda dari 13 tahun.


Meskipun ini merupakan elemen langsung untuk membantu mengkonfirmasi pengguna Xbox mana yang dilindungi oleh COPPA, FTC menuduh Microsoft tidak mengambil tindakan yang tepat yang diusulkan oleh undang-undang.

"Bahkan ketika seorang pengguna mengindikasikan, bahwa mereka berusia di bawah 13 tahun, mereka juga diminta sampai akhir 2021, untuk memberikan informasi pribadi tambahan, termasuk nomor telepon, dan untuk menyetujui perjanjian layanan Microsoft dan kebijakan periklanan," sambungnya.

Rincian lebih lanjut tentang pelanggaran COPPA dan bukti yang dikumpulkan dapat ditemukan dalam pengaduan yang diajukan oleh Departemen Kehakiman AS yang diajukan atas nama FTC ke Pengadilan Distrik AS Distrik Barat Washington.

"Terlepas dari hukuman moneter, FTC telah mengusulkan langkah -langkah yang harus diadopsi oleh raksasa teknologi itu untuk memastikan kepatuhan dengan COPPA," jelasnya.


Akibat dari pelanggaran tersebut, Microsoft harus menerapkan praktik -praktik berikut:

1. Beri tahu orang tua tentang perlindungan privasi tambahan yang disediakan dengan membuat akun terpisah untuk anak mereka.
2. Dapatkan persetujuan orang tua untuk akun yang dibuat sebelum Mei 2021 jika pemegang akun masih seorang anak.
3. Hapus semua data pribadi pengguna yang dilindungi COPPA jika tidak lagi diperlukan untuk menyediakan layanan yang menentukan koleksi asli.
4. Hapus semua data pengguna yang disimpan pada sistemnya yang dikumpulkannya tanpa memperoleh persetujuan orang tua.
5. Hapus data pengguna yang dilindungi COPPA dalam waktu dua minggu sejak tanggal pengumpulan.
6. Perluas perlindungan COPPA ke penerbit game pihak ketiga yang menerima data pengguna dari Microsoft.
7. Perluas perlindungan COPPA ke informasi biometrik dan kesehatan yang dikumpulkan untuk membuat avatar jika koleksi itu dikombinasikan dengan informasi yang dapat diidentifikasi secara pribadi.
8. Sementara kedua belah pihak telah menyetujui penyelesaian ini, masih menunggu pengadilan untuk menyetujuinya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2502 seconds (0.1#10.140)